Bertambah, 1.054 Pasien Covid Isolasi di Asrama Haji

Jakarta (Kemenag) --- Pasien Covid-19 yang memanfaatkan asrama haji  sebagai tempat isolasi kembali bertambah. Data per hari ini, ada 1.054 pasien yang menjalani isolasi pada delapan dari 25 asrama haji di seluruh Indonesia yang telah disiapkan.

"Siang ini, data kami mencatat ada 1.054 pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di asrama haji," terang Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab, di Jakarta, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, Asrama Haji Sukolilo, Surabaya menjadi tempat yang paling banyak digunakan sebagai isolasi, yaitu 506 orang. Mereka menempati 169 kamar dari 245 yang tersedia.

"Masih ada 76 kamar di Surabaya. Mereka yang isolasi di asrama haji adalah pasien Covid yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG," tuturnya.

Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 197 orang yang sedang isolasi. Asrama haji berikutnya adalah Semarang (78), Ambon (75), DI Yogyakarta (69), Gorontalo (57), dan Lombok (35).

“Untuk Asrama Haji Pondok Gede, saat ini ada 37 pasien Covid yang sedang isolasi. Sehingga total di delapan asrama haji, ada 1.054 pasien," terang Saiful Mujab.

"Selain itu, ada juga 62 pasien yang dirawat di Gedung Arafah yang saat ini digunakan oleh RS Haji,” sambungnya.

Saiful Mujab menambahkan, pihaknya bersama Kemenkes, Kementerian BUMN, serta pihak terkait lainnya sedang menyiapkan langkah mengoptimalkan fungsi asrama haji Pondok Gede, tidak hanya untuk ruang isolasi mandiri, tapi juga tempat perawatan pasien Covid-19.