Bertemu DWP Kemenag NTT, Eny Yaqut Ingatkan Panca Darma Wanita

Manggarai Barat (Kemenag) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Eny Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan pengurus DWP Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Timur di Manggarai Barat, NTT. 

Hadir mendampingi Eny Yaqut, Plt. Dirjen Bimas Katolik Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono,  Direktur Urusan Agama Katolik Aloma Sarumaha,  Kakanwil Kemenag Provinsi NTT Reginaldus S.S. Serang, dan Kepala Kemenag Kab. Manggarai Barat.

Kepada pengurus dan anggota DWP, Eny Yaqut mengingatkan tentang Panca Darma Wanita, yaitu: wanita sebagai pendamping suami, wanita juga sebagai pengelola rumah tangga, wanita sebagai penerus keturunan bangsa dan wanita sebagai pendidik  anak, wanita sebagai pencari nafkah tambahan, dan kelima, wanita sebagai warga negara anggota masyarakat.

“Pada saat kita memilih pilihan itu, dan memutuskan apa yang sudah kita ambil,  kita sudah siap dengan konsekuensinya, tentukan prioritas yang paling penting,  saya sebagai ibu rumah tangga atau saya sebagai ibu karir,” terang Eny, Selasa (27/09/2022). 

“Semuanya harusnya dikompromikan dan dibicarakan dengan pasangan, mana yang paling penting, mana yang paling utama,” sambungnya.

Eny Yaqut berharap seluruh anggota DWP Kemenag untuk membenahi diri  menjadi orang-orang yang lebih baik. “Setiap kita harus berorientasi menjadi orang yang lebih baik,” harapnya.  

Ia juga mendorong pengurus DWP untuk membuat program atau kegiatan yang inovatif. Menurutnya, bila program dan kegiatan DWP bagus seperti mengangkat tema kesehatan perempuan tentu akan diminati anggota DWP lainnya. 

“Kalau program pengurus DWP baik dan inovatif, pasti banyak peminatnya,” ujarnya. 

Pada kunjungan kerjanya ke Manggarai Barat, Penasehat DWP Kemenag memberikan bantuan bagi sejumlah gereja di NTT. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di gereja Stella Maris, Manggarai Barat.