Bertemu Menag, Puskor Hindunesia Ingin Jadi Aset Kemenag dalam Pemberdayaan Umat

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Pusat Koordinasi Hindu Indonesia (Puskor Hindunesia) Ida Bagus Ketut Susena dan jajaran.

Pertemuan berlangsung di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No.3-4 Jakarta Pusat. Hadir mendampinggi Menag, Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto dan Stafsus Menag.

Kepada Menag Yaqut Cholis Qoumas, Ida Bagus Ketut Susena menyampaikan, organisasi yang dipimpinnya merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusian. Yaitu, perjuangan keumatan dan pemberdayaan umat untuk kemajuan bangsa.

"Kami ingin di Hindu ini ada gerakan yang memulai pemberadayaan internal kami, tentu saja untuk kemajuan bangsa. Organiasi kami sudah hampir 10 tahun dalam menjalani misi keumatan dan pemberdayaan umat dan sudah mendapat legalisasi dari Kemenkumham," kata Ida Bagus Ketut Susena, Rabu (10/3/2021).

"Kami ingin menjadi aset Kemenag dalam membina dan menbangun umat Hindu Indonesia dengan kearifan lokalnya. Sehingga, apa yang menjadi tujuan bangsa dapat terwujud, yaitu harmonisasi umat bergama," sambungnya. 

Ia menambahkan Puskor Hindunesia tak hanya di Bali saja, melainkan sudah terbentuk di 23 provinsi di Indonesia. Organisasi ini senantiasa siap berkoordinasi dengan tokoh lintas agama dalam menciptakan harmonisasi kerukunan umat.

Puskor Hindunesia juga berharap terselenggaranya Larung Sesaji ke Tengah Laut secara nasional bekerjasama dengan Ditjen Hindu Kemenag. Larung Sesaji ke Tengah Laut tersebut rencananya akan digelar di tengah pulau Jawa yaitu di kawasan Pantai Parangkusumo dan Parangtritis, Yogyakarta.

"Ini akan menjadi momen bertemu dan bersatunya umat Hindu Nusantara. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar dari 14 Maret hingga 11 April 2021. Kami berharap dukungan Bapak Menteri agar even ini disampaikan kepada Presiden Jokowi agar gaungnya nasional," harapnya.

Selain itu, Puskor Hindunesia mengapresiasi kampanye yang digaungkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam pemberdayaan pelayanan KUA untuk semua agama. Upaya ini lanjutnya sangat membanggakan dan menyentuh umat Hindu Indonesia.

Menteri Yaqut Cholil Qoumas menegaskan saat ini Kemenag tengah menyiapkan daerah-daerah yang akan menjadi konsep pelayanan. "KUA melayani semua umat beragama saat ini dalam proses. Kami sudah menyiapkan sebanyak 100 KUA yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi KUA dengan konsep pelayanan agama, misalnya di Bali Kepala KUA-nya berasal dari Hindu karena mayoritas," tandas Menag.