Nasional

Bertemu Pengurus Al-Irsyad, Menag: Kami Siap Bersinergi dengan Ormas Islam

Menag menerima Pengurus Al-Irsyad Al-Islamiyah, di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Menag menerima Pengurus Al-Irsyad Al-Islamiyah, di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan dirinya berkomitmen untuk mengintensifkan komunikasi dengan seluruh ormas Islam. Karena menurutnya, komunikasi adalah kunci membangun sinergi untuk memajukan bangsa. Hal ini dikemukakan Menag Yaqut saat menerima perwakilan pengurus Perhimpunan Al-Irsyad Al-Islamiyah, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

“Prinsipnya, Kemenag ingin membangun sinergi dengan seluruh ormas Islam yang ada. Dan kami sadar, ini semua dapat dilakukan dengan membangun komunikasi yang intensif,” tutur Menag, Selasa (20/4/2021).

Ia menambahkan, keberadaan ormas Islam dengan berbagai pandangan yang dimiliki sejatinya dapat menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Hal ini dimungkinkan bila terdapat sinergi yang baik antar ormas, maupun dengan pemerintah. “Memperbaiki ukhuwah islamiyah itu menjadi kata kunci. Manyatukan pasti sulit, tapi komunikasi harus dibangun,” ungkap Menag.

Menag juga menyampaikan, Kemenag mengapresiasi kehadiran Al-Irsyad yang selama ini telah mewarnai kehidupan keberagamaan di Indonesia. “Saya kira kami juga sangat terbuka untuk bisa bersinergi dengan Al-Irsyad melalui program yang dimiliki,” imbuhnya.

Sementara pimpinan PP Al-Irsyad Faizol N bin Madi menyampaikan, saat ini lembaga yang dipimpinnya bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan, serta sosial ekonomi. “Untuk bidang pendidikan, kami bahkan punya lembaga yang berada di perbatasan Papua Nugini. Di bidang sosial ekonomi, kami punya rumah sakit dan aktif juga terlibat dalam penanganan bencana-bencana,” tutur Faizol.

“Terbaru, di lombok kita membangun seribu rumah untuk korban bencana alam di sana,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan maksud kedatangannya ke Kemenag bertujuan untuk meminta dukungan dan support pemerintah terhadap pergerakan yang dilakukan Perhimpunan Al-Irsyad Al Islamiyah. “Yang paling dekat, kami berharap Kemenag dapat mendukung untuk pemberian rekomendasi penyelenggaraan lembaga pendidikan di bawah Kemenag. Kedua, kami berharap dapat memperoleh pelatihan dan sertifikasi falaqiyah bagi kader muda Al-Irsyad,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Staf Khusus Menteri Agama Bidang Kerukunan Umat Beragama Ishfah Abdil Aziz, Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi, dan Sekretaris Menteri Thobib Al Asyhar.


Editor: Indah
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua