Daerah

Bimtek PPIH Kloter, Seditjen PHU: Layani Jemaah dengan Maksimal

Sesditjen PHU Abdullah beri sambutan Bimtek Petugas Haji

Sesditjen PHU Abdullah beri sambutan Bimtek Petugas Haji

Surabaya (Kemenag) --- Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur hari ini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter Embarkasi Surabaya 1443 H/2022 M. Giat ini digelar secara terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Sebagai petugas haji, kita harus komitmen terhadap apa yang
menjadi tanggung jawabnya. Layani jemaah dengan maksimal," pesan Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdullah saat memberikan sambutan pada Bimtek di Asrama Haji Surabaya, Minggu (29/5/2022).

Bimtek yang berlangsung sejak 26 Mei 2022 ini diikuti 152 peserta, terdiri atas 38 ketua kloter, 38 pembimbing ibadah haji (TPIHI), dan 76 Tenaga Kesehatan Haji. Mereka berasal dari Provinsi Jawa Timur, Bali, dan NTB.

Hadir juga, Kepala Pusat Kesehatan Kemenkes, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Kabid Haji Kanwil Kemenag Jatim, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya

Hal senada disampaikan Kakanwil Kemenag Jawa Timur Husnul Maram. Menurutnya, bimtek bertujuan membentuk petugas haji yang memiliki sikap pengabdian, berdedikasi dan kerja keras serta bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya yang meliputi pelayanan umum bimbingan ibadah dan pelayanan Kesehatan. Bimtek juga melatih kemampuan dan ketrampilan, serta sikap mental petugas yang baik dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

"Bimtek ini sangat penting dalam menentukan suksesnya pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah haji, khususnya yang berasal dari embarkasi Surabaya," jelasnya.

Tahun ini, embarkasi Surabaya melayani 16.967 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 16.087 jemaah haji Jawa Timur, 318 jemaah haji Bali, 291 jemaah haji NTT, 119 jemaah haji Sumatera Selatan, dan 152 petugas kloter.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua