Buka MTQ Sulut, Wamenag: Menjaga Harmoni merupakan Spirit Al-Qur'an

Bitung (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi menggarisbawahi tentang pentingnya menjaga harmoni dalam keberagamaan. Wamenag menilai bahwa hal itu merupakan bagian dari spirit Al-Qur’an.

Pesan ini disampaikan Wamenag saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 di Kota Bitung, Sulawesi Utara. “Keragaman telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Sulawesi Utara. Menjaga harmoni dalam keberagaman merupakan spirit Al-Qur’an,” kata Wamenag, Senin (13/6/2022). 

Wamenag sangat mengapresiasi kerukunan masyarakat Sulawesi Utara. Menurutnya, kerukunan dalam keragaman menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di wilayah ini. 

“Sulawesi Utara merupakan negeri yang indah dengan ribuan harmoni. Ini adalah oase yang menjadi pusat tumbuh kembangnya kerukunan di gugusan nusantara. Provinsi ini tidak hanya kaya dengan keindahan alam, namun juga kaya akan nilai-nilai kerukunan dan toleransi.  Sulawesi Utara layak menjadi Laboratorium Kerukunan,” tegas Wamenag.

Wamenag juga mengajak masyarakat terus memotivasi generasi muda untuk menyintai Al-Qur’an dan menjabarkannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam membumikan harmoni di tengah keragaman bangsa.  

Hadir dalam pembukaan MTQ, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondonkambey, Kepala Kanwil Kementerian Agama, Anwar Abu Bakar, Kepala Bagian TU Kanwil Kementerian Agama, Basri Saenong, Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan para Bupati.