Buka Pameran Foto Haji Kala Pandemi, Menag: Karya MCH 2022 Top!

Batam (Kemenag) --- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meresmikan pembukaan pameran foto layanan haji di ajang Rapat Kerja Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 yang digelar di Batam, Kamis (1/9/2022) sore. Menag mengaku sangat kagum dan memberikan apresiasi yang tinggi atas karya-karya foto dari tim Media Center Haji (MCH) tersebut.

Usai membuka pameran yang ditandai dengan pemotongan pita, Menag dengan didampingi Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi Wibowo Prasetyo, Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief, Kepala PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat dan Kabiro Humas, Data dan Informasi (HDI) Akhmad Fauzin langsung memasuki stan yang memajang foto-foto haji. Dengan detail, Menag tampak mengamati satu per satu foto berikut caption-nya. Total ada 100 foto yang dipajang pada pameran bertema “Mengawal Perjalanan Suci Kala Pandemi” tersebut.

“Saya hampir tidak percaya bahwa ini adalah produk dari tim MCH. Produk MCH 2022 top!” ujar Menag Yaqut usai melihat pameran yang digelar di sudut Lobi Hotel Aston, Batam tersebut. 

Menag mengakui produk foto dari tim MCH 2022 luar biasa karena memiliki kualitas tinggi. Menurut dia, dari beberapa foto yang dipamerkan tersebut, menunjukkan bahwa ibadah haji bukan hanya ritual semata, tapi menyimpan pesan yang kuat dan mendalam. Pesan itu antara lain tentang kemanusiaan, solidaritas dan kebangsaan. 

Pesan-pesan itu ternyata bisa ditangkap oleh tim MCH dengan baik lewat foto yang dibuat tanpa ada rekayasa atau lainnya. Begitu kagumnya dengan karya MCH 2022 ini, Menag bahkan meminta agar digelar pameran serupa di tempat lain seperti di Jakarta. “Dari foto MCH ini, kita semakin tahu  bahwa ibadah haji adalah luar biasa dan kita saatnya tunjukkan bahwa Indonesia memang luar biasa,” katanya.

Kabiro Humas, Data dan Informasi (HDI) Akhmad Fauzin mengungkapkan, karya-karya foto yang dipamerkan merupakan produk tim MCH yang bertugas di Daker Mekkah, Madinah dan Bandara. Tim MCH ini selain dari Biro HDI juga merupakan jurnalis dari berbagai media massa. 

“Terima kasih Pak Menag atas apresiasi terhadap karya-karya tim MCH. Semoga prestasi bisa dijaga dan menjadi pelecut untuk penyelenggaraan haji ke depan menjadi lebih baik lagi,” terangnya.