Nasional

Buka Rakornas BWI, Wamenag: Puluhan Ribu Sertifikat Tanah Wakaf Telah Terbit

Wamenag membuka Rakornas BWI 2022

Wamenag membuka Rakornas BWI 2022

Jakarta, (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi hari ini, Rabu (7/12/2022), membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2022 di Jakarta.

Turut mendampingi Wamenag membuka Rakornas BWI, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh, Rektor Institut Teknologi Surabaya (ITS) Mochamad Ashari, serta Gubernur Provinsi Riau Syamsuar.

Dalam kesempatan tersebut Wamenag menjelaskan, Kementerian Agama telah menjalin kerjasama dengan Kementerian ATR/BPN di lebih 400 kabupaten/kota dalam percepatan sertifikasi tanah wakaf. ​​​​​​Wamenag menuturkan data hingga November 2022, sebanyak 18.808 sertifikat tanah wakaf sudah diterbitkan. Setelah sebelumnya di tahun 2021 sebanyak 25.000 sertifikat juga berhasil diterbitkan.

"Ini adalah bukti keseriusan Kementerian Agama dalam memfasilitasi publik untuk mengakses perwakafan kita," terang Wamenag.

Wamenag juga menyampaikan pesan kepada BWI untuk terus berkoordinasi dan bersinergi dengan Kementerian Agama di berbagai level. "Kami berharap Rakornas BWI 2022 ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan strategis yang akan memperkuat sinergi kita, serta semakin meneguhkan visi wakaf dan perannya dalam pembangunan nasional," ujar Wamenag.

Dalam Rakornas bertema "Percepatan Ekosistem Perwakafan dan Profesionalisme Nazhir" ini, Ketua BWI, Muhammad Nuh menyampaikan rencananya untuk mengadakan sertifikasi terhadap profesi Nazhir Wakaf.

"Sekarang, Nazhir kita buat sertifikasi, sehingga bisa melahirkan para Nazhir yang profesional dan diuji kompetensinya. Selama ini cenderung Nadzir itu adalah orang yang ikhlas, jujur, itu iya. Tetapi harus ditambah kompetensi kemampuan mengelola aset," terang M Nuh.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua