Nasional

Catat, Uji Pengetahuan PPG dalam Jabatan Digelar 31 Juli 2022

Rapat pimpinan PTKIN Penyelenggara PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Rapat pimpinan PTKIN Penyelenggara PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Yogyakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar Uji Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan untuk Angkatan I akan digelar pada 31 Juli 2022. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Amin Suyitno mengingatkan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) selaku pelaksana untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Pesan ini disampaikan Suyitno di hadapan seluruh pimpinan PTKIN Penyelenggara PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 di Yogyakarta, Jumat (29/7/2022). Selaku Ketua Panitia Nasional PPG Kementerian Agama RI, Suyitno meminta pelaksanaan Uji Pengetahuan PPG dalam Jabatan Angkatan I menghasilkan persentase kelulusan yang maksimal.

Panitia Nasional terdiri dari perwakilan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, dan Direktorat Pendidikan Agama Islam, serta beberapa respresentasi tim penyelia dari beberapa LPTK. Suyitno memastikan bahwa panitia nasional akan mengawal langsung pelaksanaan uji pengetahuan.

“Uji pengetahuan akan terpusat di 10 LPTK yang menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK),” tegas Suyitno

“Para tim pemantau dan penyelia harus memastikan kelancaran dan mengetahui seluruh aktivitas Uji Pengetahuan, tidak semata-mata hadir untuk dokumentasi saja,” sambungnya.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain menambahkan, bahwa pelaksanaan Uji Pengetahuan kali ini akan didukung dengan sistem informasi yang canggih. “Jangan sampai ada guru yang mengikuti ujian dengan melakukan kecurangan atau hal-hal lain yang tidak diperkenankan oleh tim pengawas. Jika terjadi indikasi kecurangan sedikit saja, maka guru akan didiskualifikasi dan dinyatakan tidak lulus,” tegas Zain.

“Seluruh guru yang akan mengikuti Uji Pengetahuan agar mempersiapkan dirinya secara lahir dan batin supaya melaksanakan ujian dengan tenang dan berakhir sukses,” sambungnya.

Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama, Mustofa Fahmi melaporkan, sebelum penyelenggaraan Uji Pengetahuan, seluruh mahasiswa telah dibekali oleh LPTK melalui tryout program Induksi dalam membedah kisi-kisi dan soal ujian. Selain itu, telah dilaksanakan juga refreshment bagi para dosen serta tim pengawas ujian.

“Simulasi Uji Pengetahuan juga sudah dilaksanakan oleh seluruh LPTK. Rangkaian persiapan ini sebagai program suplemen tambahan yang diharapkan mampu me-recharge kompetensi mahasiswa PPG dalam meraih kelulusannya,” jelas Fahmi.

Fahmi mengucapkan terima kasih kepada seluruh LPTK penyelenggara dan pihak lain yang terkait dalam mempersiapkan pelaksanaan Uji Pengetahuan ini. Selanjutnya, panitia nasional PPG Kementerian Agama berkomitmen akan terus melakukan evaluasi secara periodik dalam penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan ini. (MF)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua