Haji 2022

Cek Pelayanan Jemaah Haji di Madinah, Ketua PPIH Semangati Petugas

Madinah (Kemenag) --- Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH)  Arsad Hidayat meninjau kedatangan jemaah haji Indonesia di Madinah untuk memastikan mereka mendapatkan pelayanan terbaik dari petugas. Ribuan jemaah gelombang II telah tiba di Madinah sejak beberapa hari lalu dan sebagian masih dalam perjalanan. 

Arsad meninjau kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang II di sektor 3 Madinah, Minggu (24/7/2022). Dia melihat langsung proses penyambutan jemaah haji asal Pekanbaru (BTH 6) di Hotel Arjuan Assalam dan jemaah haji dari Palembang (PLM 2) di hotel Arjuan Madinah.

Di sana, Arsad melihat para petugas menyambut kedatangan jemaah dengan penuh kehangatan. Jemaah diberi edukasi dalam bus sambil menanti pembagian kamar hotel, serta mendapatkan penjelasan seputar keutamaan dan keistimewaan kota Madinah. 

Mereka juga diberi informasi tentang pelindungan jemaah dan juga diingatkan secara singkat agar senantiasa menjaga kemabruran haji. Petugas kemudian membantu mengangkat koper atau barang dan menuntun jemaah masuk ke hotel.

Dalam kunjungan tersebut, Arsad ikut menyapa para jemaah yang baru tiba di kota Madinah Munawwarah. "Ahlan wa Marhab bapak ibu jema'ah haji Indonesia di kota Baginda Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam," ujar Arsad.

Arsad juga ikut terlibat membantu mengangkat barang dan memandu jemaah untuk masuk ke dalam hotel. Kehadiran Arsad ke sektor 3 tak hanya untuk melihat proses layanan petugas bagi jemaah, tapi juga sekaligus memotivasi para petugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah.

"Alhamdulillah proses penerimaan jemaah berjalan lancar, meskipun jarak waktu sangat dekat antara kedatangan kloter BTH dengan kloter PLM, kami melihat para petugas telah siaga untuk melayani jemaah, semua dipastikan dapat berjalan dengan baik, kawan-kawan petugas tetap semangat sampai semua tugas mulia ini tuntas," lanjut Arsad yang juga Direktur Bina Haji Kemenag. 

"Pastikan semua jemaah mendapatkan pelayanan terbaik dari kita, anggap mereka orang tua kita, dan kita anak anaknya yang siap melayani," tambah Arsad didampingi Kasektor 3 Daker Madinah Arif Nurrawi. 

Setelah seluruh jamaah memasuki hotel, Arsad juga menyerahkan bayan tarheel terkait shalat Arbain jemaah dan jadwal ziarah tempat bersejarah dari Majmuah Arjuan group kepada ketua kloter PLM 6 Iskandar.

 

Sementara Kasektor 3 Arif Nurrawi menyampaikan laporan kepada ketua PPIH bahwa sampai saat ini sebanyak  11 kloter atau  4.150 jamaah telah tiba di sejumlah hotel di sektor 3 Madinah. 

"Kami di sektor 3 memiliki wilayah kerja 20 hotel pak Dir. Alhamdulillah kawan-kawan menjelang kedatangan jemaah melakukan ploting pembagian tugas ke beberapa tim apabila kedatangannya pada waktu bersamaan, saat ini ada 4.150 jamaah telah tiba di sektor 3 Madinah," ujar Arif Nurrawi.

Seperti diketahui, sebelum bertolak ke daerah asal, jemaah haji Indonesia gelombang II akan menetap di Madinah selama 8 hari. Selama di sana, mereka akan melaksanakan Salat Arbain dan beberapa kegiatan lainnya seperti melakukan ziarah ke makam Rasullulah SAW, ke Raudhah dan juga berziarah ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Madinah, seperti Masjid Kuba, Jabal Uhud, Maqbarah Baqi, Masjid Qiblatain, kebun kurma dan lain-lain. (Nas)