Nasional

Debat PAI Dimulai, Pelajar SMA/SMK Adu Wawasan Keislaman Kontemporer

Proses debat siswa SMA/SMK secara online

Proses debat siswa SMA/SMK secara online

Kota Tangerang (Kemenag) --- Tim debat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perwakilan 30 provinsi beradu argumentasi dalam Lomba Debat tentang Isu Islam Kontemporer. Ajang ini menjadi bagian dari rangkaian Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022.

Babak penyisihan dilakukan secara daring. Mekanisme debat menggunakan Sistem Debat Parlemen Asia (Asian Parliamentary Debate System).

Penanggung jawab pelaksanaan Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 Abdullah Faqih mengatakan, bahwa Lomba Debat Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 merupakan salah satu sarana penanaman nilai-nilai moderasi beragama dengan pendekatan yang berpusat pada siswa alias student center

"Penanaman nilai-nilai moderasi beragama jangan sampai bersifat doktrinal semata. Peserta didik perlu diajak berpikir kritis untuk menemukan sendiri apa itu sikap moderat. Hal inilah diantara yang ingin dicapai melalui media kompetisi debat," terang Abdullah Faqih, di Mercure Cikokol, Sabtu (15/10/2022).

Ada sejumlah isu terkini yang diangkat menjadi tema debat. Pertama, penerapan tata tertib wajib berjilbab di sekolah. Kedua, kontroversi ucapan selamat pada perayaan hari besar agama lain. Ketiga, praktik perdukunan dan supranatural di masyarakat

Keempat, pemisahan tempat belajar bagi peserta didik putra dan putri di kelas. Kelima, keberadaan anak narapidana terorisme di sekolah. Terakhir, pemberlakuan jam malam bagi perempuan.

Kasubdit PAI pada SMA/SMALB/SMK Faqih mengapresiasi performa lomba debat. Tahap penyisihan ini akan berlangsung hingga 17 Oktober 2022.

"Saya kagum melihat penampilan adik-adik SMA dan SMK, ternyata mereka memiliki pola berpikir yang terstruktur dan sistematis. Potensi ini jika diasah terus menerus akan menjadi nilai keunggulan tersendiri dalam menghadapi persaingan kehidupan yang kian masif," ujarnya.

Hal senada disampaikan Ida Farida, PTP pada Subdit PAI SMA/SMALB/SMK. Dia mengutarakan bahwa pelaksanaan lomba debat yang berlangsung hingga malam hari tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti lomba sebaik mungkin.

"Di hari pertama ada salah satu tim yang berasal dari Wilayah Indonesia Tengah (WITA-red) dan kebetulan mendapat jadwal tampil di malam hari. Dengan perbedaan waktu antara Wilayah Indonesia Barat (WIB-red) dan Indonesia Tengah, ternyata tidak membuat tim tersebut patah arang mengikuti sesi lomba," ungkap Ida.

Ida yang bertugas sebagai Koordinator Fasilitator Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 berharap pelaksanaan lomba debat dapat berlangsung secara kondusif hingga babak final nanti.

"Pasca babak penyisihan secara daring ini, kami akan umumkan 6 finalis terbaik. Nanti pada tanggal 25-27 Oktober 2022, ke 6 finalis akan kita undang ke Jakarta untuk mengikuti babak final. Semoga semuanya dapat berjalan sesuai yang direncanakan," tukas Ida.

Pelaksanaan babak penyisihan Lomba Debat Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 dipusatkan di Hotel Mercure Tangerang Centre, Banten. Kegiatan berlangsung dari 14 - 17 Oktober 2022. Babak penyisihan ini menghadirkan dewan juri yang berasal dari unsur dosen/praktisi pendidikan, aktivis atau pegiat dunia remaja, dan pemerhati dunia pendidikan.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Solla Taufiq

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua