Depag Buka Lowongan Bagi 13.004 Pelamar

Jakarta, 19/01 (PIKDA) - Departemen Agama membuka lowongan bagi 13.004 Calon Pegawai Negeri Sipil dari pelamar honorer dan umum untuk ditempatkan di berbagai satuan organisasi di lingkungan Depag seluruh tanah air . "Dari 13.004 orang itu, 30 persen bagi pelamar umum dan 35 persen masing-masing untuk honorer dan wiyata bakti," kata Kepala Bagian Kepegawaian Depag Fudholi di Jakarta, Rabu.

Pelamar umum mendapat kesempatan mennyampaikan lamarannya dari tanggal 21 Januari hingga 1 Februari, sedangkan untuk pelamar honorer, ujarnya, dibuka dari tanggal 21 Januari sampai 4 Februari 2006. Pelamar umum adalah WNI yang berusia 18-35 tahun, atau sampai 40 tahun dengan syarat memiliki wiyata bakti minimal delapan tahun sembilan bulan pada instansi pemerintah maupun lembaga swasta berbadan hukum. Sedangkan bagi pelamar dari tenaga honorer tanpa melalui ujian dan cukup melalui seleksi administrasi, dengan syarat memiliki masa kerja 1-5 tahun untuk usia sampai 35 tahun, memiliki masa kerja 5-10 untuk usia sampai 40 tahun dan memiliki masa kerja 10-20 tahun untuk usia maksimal 46 tahun.

Surat lamaran, ujarnya, diajukan ke Kantor Depag di masing-masing kabupaten atau kota dengan melampirkan fotokopi ijasah terakhir, KTP, pasfoto hitam putih ukuran 3x4 cm dua lembar, dan dokumen lainnya. Kualifikasi yang dibutuhkan antara lain, guru agama Islam, madrasah, guru agama Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, dosen, tenaga administrasi, penghulu, penyuluh agama, pegawai kanwil Depag provinsi, untuk bidang penyelenggaraan haji, pegawai kandepag, peneliti, widya iswara, tenaga auditor, tenaga laborat, tenaga Badan Amil Zakat, dan ta`mir Masjid.

"Pelamar yang masuk kualifikasi , harus mengikuti ujian pada 11 Februari," katanya. Fudholi mengatakan, dibanding departemen lainnya, Depag termasuk yang sedikit menerima pegawai pada tahun ini. (Ant)