Dewas UIN Sumut Gelar Rakor Bahas Peningkatan Kinerja BLU

Jakarta (Kemenag) --- Dewan Pengawas Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan, menggelar rapat koordinasi untuk membahas peningkatan kinerja perguruan tinggi sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Rakor berlangsung di Ruang Kerja Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama, di Jakarta.

Rapat dipimpin Ketua Dewan Pengawas UIN Sumut, Prof. Dr. H. Moh. Ishom. Hadir, Anggota Dewan Pengawas Fatkhur Rokhman, SE, MM, Ak,CA,CIFE, Komite Audit Dr. Meily Surianti, SE, AK, M.Si, CA, C.M.A, Sekretaris Dewan Pengawas UIN Sumut Darwis, Kepala Biro Khairunnas, Kepala SPI Masganti Kabag Perencanaan dan Keuangan Sardinan, serta Sekretariat Hani.

Ketua Dewan Pengawas UIN Sumut,  Ishom  mengatakan, rapat koordinasi Dewan Pengawas UIN Sumut bertujuan membahas sejumlah Langkah strategis dalam peningkatkan akuntabilitas, transparansi dan kinerja Badan Layanan Umum (BLU) UIN Sumatera Utara.

"Kita berharap kinerja BLU UIN Sumut semakin baik seiring dengan tujuan untuk peningkatan akuntabilitas dan transparansi," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Isom mengatakan, saat ini sudah terbit Keputusan Menteri Agama (KMA) No 178 Tahun 2022 tentang Perubahan ketiga atas KMA No 111 Tahun 2018 tentang Dewan Pengawas pada UIN Sumatera Utara periode 2018-2023. Selain itu, sudah terbit juga Keputusan Rektor Nomor 226 Tahun 2023 tentang perubahan keenam atas Keputusan Rektor Nomor 17 tahun 2020 tentang Dewan Pengawas pada Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Untuk itu, Rakor Dewan Pengawas UIN Sumut digelar dalam rangka melakukan sinergi, kolaborasi dan kerja sama semua pihak dalam melakukan pengelolaan BLU UIN Sumatera Utara Medan. "Kita juga harus membangun modernisasi sistem untuk menjaga stabilitas pengelolaan BLU," jelasnya.

“Untuk itu, pimpinan BLU harus konsisten dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi,” sambungnya.

Kepala Biro AUPK Khairunnas menambahkan, dalam rapat koordinasi Dewan Pengawas UIN Sumut ini, dilakukan Penyerahan KMA Nomor 178 Tahun 2022 dan Keputusan Rektor Nomor 226 Tahun 2023 tentang Dewan Pengawas BLU UIN Sumatera Utara Medan. Sekarang, Ketua Dewas UIN Sumut sudah berganti dari Suhaili ke Prof. Dr. H. Moh. Ishom. Selain itu, ada pergantian Anggota Dewan Pengawas UIN Sumut dari Iwan Kurniawan kepada Jordan (unsur Kementerian Keuangan).

"Dengan demikian telah lengkap Struktur Dewan Pengawas UIN Sumut yang terdiri dari Ketua dan Anggota Dewan Pengawas, Komite Audit, Sekretaris Dewan Pengawas dan Sekretariat Dewan Pengawas UIN Sumatera Utara Medan," kata Khairunnas.

Selanjutnya, sebut Khairunnas, Dewan Pengawas UIN Sumut membahas rencana kebijakan Pimpinan BLU UINSU terkait penyelesaian sertifikat tanah di Desa Sena dan penyelesaian pembangunan gedung UIN Sumut yang hingga kini masih mangkrak. "Kita berharap hal tersebut bisa diselesaikan, untuk kemajuan UIN Sumut," harapnya.