Dilantik Jadi Kakanwil Kemenag Papua Barat, Luksen Jems Mayor Fokus Kerukunan dan Pendidikan

Papua Barat (Kemenag) --- Luksen Jems Mayor dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat (Pabar) pada 27 April 2022 oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Pelantikan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Selain Luksen Jems, dilantik juga 28 pimpinan PTKN dan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama.

"Saya bertekad untuk terus membangun kerukunan di tanah Papua, khususnya Papua Barat. Komunikasi kepada lintas iman, lintas tokoh, terus kita bangun," kata Luksen Jems Mayor, beberapa waktu lalu di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

"Selain itu, sebagai Kakanwil, saya juga bertekad membangun pendidikan yang lebih baik bagi masyarakat," tambah Luksem Jems.

Dia menilai pendidikan sangat penting dalam membangun masyarakat, negara, serta peradaban bangsa dan sumber daya manusia. "Pendidikan menjadi aset besar guna mengisi pembangunan serta menjaga persatuan kesatuan bangsa," kata Luksen Jems.

Bahkan, lanjut Luksen Jems, program Moderasi Beragama yang terus digaungkan Menteri Agama Yaqut Cholil, juga akan terus dikenalkan kepada masyarakat.

"Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa," kata Luksen Jems.

Dikatakan Luksen Jems, moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan dalam beragama. "Kita di Kawil Kemenag Papua, bersama membangun Papua. Baik dari sisi pendidikan juga membangun kerukunan umat beragama," tutup Luksen Jems.