Daerah

Dirjen: Penguatan Kompetensi 8000 Penceramah Segera Berjalan di Daerah

Jakarta (Kemenag) --- Kemenag telah menggelar Penguatan Kompetensi Penceramah Agama angkatan pertama. Giat yang diikuti 100 penceramah tersebut ditutup hari ini oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Guru Besar Ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar ini mengatakan bahwa penguatan kompetensi penceramah angkatan kedua akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Bersamaan itu, akan berjalan juga kegiatan sejenis di Kemenag Provinsi seluruh Indonesia.

"Penguatan kompetensi 8000 penceramah di daerah segera berjalan. Total targetnya 8.200 penceramah, pusat dan daerah," terang Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis (01/10).

Menurut Kamaruddin, pihaknya akan mengawal dan berupaya agar kualitas program terjaga. Caranya, berusaha menghadirkan narasumber yang memiliki otoritas keilmuan pada bidangnya masing-masing. Sehingga, mereka bisa memberikan informasi yang cukup kepada peserta.

"insya Allah kebijakan yang kita lakukan berorientasi pada kemaslahatan," tuturnya.

Kepada peserta angkatan pertama, Kamaruddin menyarankan untuk membentuk forum komunikasi sebagai wadah produktif dalam membangun ide bersama. Tujuannya, meningkatkan kualitas dan respon para penceramah terhadap persoalan keummatan dan kebangsaan.

"Kami juga berharap peserta segera beraktivitas memberi pencerahan umat. Kehadiran penceramah agama sangat dibutuhkan untuk memberi pencerahan kepada umat yang sangat majemuk," tandasnya.

Program Penguatan Kompetensi Penceramah Agama angkatan pertama berlangsung tiga hari, 30 September - 1 Oktober 2020. Giat ini diikuti 100 penceramah utusan ormas Islam.

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua