Nasional

Dites Antigen, Semua Jemaah MES 1 Negatif

Jemaah haji Medan kloter 1 saat di tes antigen

Jemaah haji Medan kloter 1 saat di tes antigen

Medan (Kemenag) ---- Jemaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Medan (MES 1) setibanya di Asrama Haji Medan melakukan tes Antigen. Tes yang dipusatkan di Gedung Madinatul Hujjaz dilakukan sesuai kebijakan Kementerian Kesehatan bahwa pemeriksaan antigen diberlakukan kepada seluruh jemaah setibanya di debarkasi.

"Semua jemaah kloter 1 ini, kita lakukan tes antigen sebelum kembali ke Kabupaten masing-masing," kata Kakanwil Kemenag Sumut, Abdul Amri, usai menyambut kepulangan Jemaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embaskasi Medan (MES 1), di Medan, Sabtu (23/7/2022).

"Alhamdulillah semua jemaah bersedia dan senang ketika akan di tes antigen. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kita harus terus waspada, dan utamanya memberikan pelayanan kepada jemaah agar dipastikan tetap sehat sekembali dari Tanah Suci," tambah Abdul Amri.

Abdul Amri menyampaikan bahwa proses antigen kepada jemaah ini berjalan lancar, dilakukan oleh 16 petugas kesehatan. "Alhamdulillah. Setelah mendapatkan laporan dari petugas kesehatan, semua hasilnya negatif. Berarti Jemaah Haji MES 1, sehat semua. Selamat kembali ke rumah masing-masing," tandas Abdul Amri.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengucapkan selamat datang kepada para jemaah yang telah tiba di Sumut dan kiranya menjadi haji mabrur. “Selamat datang dan terkhusus saudara saya yang sudah haji dan hajah, insya Allah, mabrur,” kata Edy Rahmayadi.

Gubernur mengaku tidak mau menyia-nyiakan momen menyambut keberangkatan dan kepulanganan jemaah haji, Menurutnya, kesempatan ini menjadi momen penting karena orang yang mengantar dan menjemput jemaah haji akan mendapatkan ganjaran pahala.

“Saya hadir ke sini juga tak mau rugi. Kata guru ngaji saya, mengantar orang naik haji dan menjemput orang pulang haji, orang itu berpahala, kau juga berpahala,” cerita Edy Rahmayadi.

Gubernur merasa bersyukur, jemaah haji asal Sumut yang pulang dalam keadaan sehat dan berharap para hajah dan haji tetap menjaga diri, jaga kesehatan dan lakukan pemeriksaan. Sehingga potensi munculnya penyakit dapat segera dicegah.

“Kita bersyukur pada Allah, kita juga berterima kasih kepada petugas haji, para hajah dan haji kita sehat, dan setelah dilakukan pengecekan antigen semuanya negatif. Allhamdulliah dan Insya Allah, sisa dari sembilan kloter yang akan tiba nantinya semua dalam keadaan sehat," tandas Edy Rahmayadi.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Bupati Mandailingnatal Muhammad Jafar Sukhairi Nasution beserta Wakil Bupati Atika Azmi Utammi, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis, Kadis Pendidikan Sumut Asren Nasution, dan jajaran Kanwil Kemenag Sumut.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua