Nasional

Ditjen Bimas Kristen Luncurkan Program 10.10 dan Cyber Christian University

Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Dirjen Bimas Kristen Jeane M Tulung

Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Dirjen Bimas Kristen Jeane M Tulung

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Kristen meluncurkan program 10.10 dan Cyber Christian University. Program ini dirilis oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Rakernas Ditjen Bimas Kristen. Ikut mendampingi, Dirjen Bimas Kristen Jeane M Tulung.

“Bapak Menteri senantiasa menekankan hendaklah kami bekerja dengan cepat, melakukan lompatan, melakukan inovasi, layanan bermutu dan bermanfaat secara luas bagi penerima manfaat yakni umat Kristen di seluruh penjuru Indonesia,” kata Jeane M Tulung di Jakarta, Senin (27/2/2023).

“Bagi kami, amanah bangsa dan negara pada kami semua, melalui Bapak Menteri, harus kami tuntaskan dan kami jawab dengan kinerja yang baik,” sambungnya.

Menurut Jeane M Tulung, pihaknya senantiasa mendengarkan suara dan suasana hati penerima manfaat layanan. “Diperlukan dukungan berbagai pihak dalam menjalankan program prioritas, mulai dari pusat hingga daerah, institusi pendidikan dasar, menengah hingga Perguruan Tinggi, ratusan ribu pegawai dari berbagai latar belakang, budaya, bahasa, etnis, dan agama,” terang Jeane M Tulung.

Menag Yaqut, para staf khusus, staf ahli, dan tenaga ahli dengan seluruh peserta Rakernas Ditjen Bimas Kristen foto bersama

Jeane M Tulung menjelaskan bahwa sasaran kinerja program prioritas Ditjen Bimas Kristen dikemas dalam tajuk 10.10 (sepuluh-sepuluh). Kesepuluh program tersebut adalah 10 Daerah Prioritas Pembangunan Keagamaan, 10 Aplikasi Layanan Digital, 10 Pusat Inkubasi Layanan Publik Berbasis Moderasi Agama, 10 Transformasi Lembaga Keagamaan, 10 Hibah Tanah untuk Layanan Pendidikan Keagamaan, 10 Pembukaan Satuan Pendidikan Keagamaan Kristen Baru, 10 Beasiswa Pengembangan SDM, 10 Desa Moderasi, 10 Jurnal Bereputasi dan 10 Bantuan Objek Budaya Keagamaan Kristen.

Ketua Panitia Rakernas Bimas Kristen, Johnson Parulian Hottua melaporkan bahwa Rapat Kerja Nasional Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2023 ini mengusung tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat dan Sub Tema Pelayanan Yang Memartabatkan Umat. Rakernas diselenggarakan mulai 27 Februari - 2 Maret 2023.

“Kami merancang kegiatan ini sebagai sebuah pagelaran, dikombinasikan antara enrichment session dengan mengundang para narasumber terbaik, regard and admiration kepada Bapak Menteri Agama dari Ibu Dirjen Bimas Kristen, tribute and appreciation, expose and exposure, tukar tambah gagasan, demi lahirnya rancangan teknokratik yang segar, sehat dan memberdayakan, dibalut dalam nuansa artistik, dengan alunan musik, nyanyian, dan berbagai visualisasi infografis lainnya. Perjanjian Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri,” jelas Johnson Parulian Hottua.

Johnson Parulian Hottua juga menyampaikan bahwa gagasan yang dirancang dapat menjadi jalan yang baik bagi semua untuk melejitkan layanan kepada penerima manfaat.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Para penerima pengharaan atas dedikasinya kepada Ditjen Bimas Kristen

Bersamaan pembukaan Rakernas, diberikan penghargaan kepada Bapak Ahimas, warga Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang telah menghibahkan tanah seluas 5 hektar di Sipora kepada Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI. Penghargaan juga diberikan kepada Bapak Jeses yang telah menghibahkan tanah seluas 10 hektar di Siberut, Ibu Enni Frida (5 hektar di Sikakap), dan Bapak Robinson Sabelau (5 hektar di Sikakap).

Tampak hadir perwakilan pembimas dari seluruh Provinsi, pejabat dan pegawai Bimas Kristen pusat. Tampak mendampingi Gus Men, Staf khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi dan Media, Wibowo Prasetyo, para staf dan tenaga Ahli Menteri Agama, Karo HDI, Akhmad Fauzin, Irjen Kemenag, Faisal, Kakanwil Kemenag DKI, Kakanwil Kemenag Papua, Papua Barat, Sumatera Barat, para Pimpinan Ormas Kristen.


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua