DPR Dorong Pelaku UMK di Sumbar Ajukan Sertifikasi Halal

Pariaman (Kemenag) --- Anggota Komisi VIII DPR RI Jhon Kenedy Azis mendorong pelaku usaha di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat untuk mengajukan sertifikasi halal. Hal ini disampaikan John Kenedy Azis saat bertemu para pelaku usaha dalam Workshop Sihalal, di Pariaman, Sumatera Barat.

Menurutnya, sertifikasi halal ini menjadi kunci agar para pelaku usaha untuk bersaing di kancah internasional. "Bagaimana pelaku usaha itu agar memiliki tambahan nilai terhadap usaha-usaha mereka," ujar Jhon, Sabtu (29/10/2022).

Karenanya, ia mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) yang saat ini digulirkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). 

"Negara memikirkan itu, kalau kita ingin maju, skala berpikir kita jangan hanya Pariaman ke Pariaman saja. Salah satu syarat ekspor itu adalah sertifikat halal," kata Jhon.

"Pemerintah sangat tanggap, kalau ini tidak dimanfaatkan masyarakat sangat disayangkan. Ini harus dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat kita sekarang," sambungnya.

Workshop SiHALAL di Pariaman merupakan program edukasi jaminan produk halal (jph) yang terselenggara berkat kerja sama BPJPH, Komisi VIII DPR RI, dan Satgas Halal Provinsi Sumbar. "Kami terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya jaminan produk halal. Workshop kali ini, kita juga mengedukasi bagaimana cara mengajukan sertifikasi halal melalui Sistem Informasi Halal (SiHALAL)," ungkap Plt Sekretaris BPJPH  Chuzaemi Abidin. 

Chuzaemi mengungkapkan, seiring transformasi digital yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag), sejak 2021, layanan sertifikasi halal juga telah dilakukan secara online.

"Mudah mudahan bertahap kedepan kami BPJPH akan lebih kuat. Kami mengedukasi masyarakat dalam mendaftar melalui digital," ujar Chuzaemi.

"Tahun 2020 kita bangun sistem online dan tahun 2021 bisa implementasikan. Saat ini kita terus kembangkan sistem agar user friendly yang bisa diakses oleh siapapun dan diakses seluruh pelaku UMK," imbuhnya.

Selain pelaku usaha, Workshop SiHALAL juga dihadiri Pendamping Proses Produk Halal (PPPH). Turut hadir, Plh. Kakanwil Sumbar Edison, Kabag Tata Usaha Kanwil Sumbar Miswan yang merangkap Kepala Satuan Tugas BPJPH,  serta Kakankemenag Kota Pariaman. (Farhan)