Dua Siswa MAN 1 Kolaka Juara Matematika Internasional

Kolaka (Kemenag) --- Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka mengukir prestasi internasional. Adalah Aida Aliyyah Muvida dan Salsabilah Syafa Sahriza yang memboyong medali Olimpiade Matematika tingkat Internasional.

"Alhamdulillah, Aida Aliyyah Muvida mendapat medali perunggu, pada kejuaraan Olimpiade Matematika tingkat Internasional yang dilaksanakan di Hongkong secara online melalui aplikasi yang dibuat pihak panitia," kata Kepala MAN 1 Kolaka, Ansani, di Kolaka, Senin (11/01).

Menurut Ansani, selain Olimpiade matematika Internasional di Macao Hongkong, Aida Aliyyah Muvida dan Salsabilah Syafa Sahriza juga berhasil meraih bronze award atau medali perunggu Olimpiade Internasional bidang Matematika di Thailand, yang juga digelar secara online.

"Karena ini mereka menang sistem regional yang di dalamnya terdapat 26 negara, di antaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Hongkong, Iran, dan Brasil. Maka otomatis mereka akan mewakili Indonesia dalam final menghadapi peserta dari negara lain dari regional berbeda," kata Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini.

Pembimbing matematika MAN 1 Kolaka, Maulana Jayadin, mengungkapkan, event International Mathematical Olympiad (IMO) dilaksanakan setiap tahun. Tahun 2020, MAN 1 Kolaka hanya mengikuti dua Event, yakni di Hongkong dan Thailand.

"Tiap tahun dilaksanakan di luar negeri. Tapi karena saat ini kondisi Covid-19, maka IMO dilaksanakan secara online. Pelaksana pusat nya adalah Olympiade Champion Education Centre from Hongkong. Sementara pelaksana regional Indonesia yakni Pusat Pendidikan Matematika," katanya.

Maulana mengaku bersyukur dari dua event tersebut, siswinya meraih medali perunggu, sehingga berhak melangkah ke babak final. Untuk babak final, Thailand membuka ruang bagi peserta untuk hadir langsung, tergantung kesiapan orang tua, sekolah dan siswanya. Apalagi, saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

IMO di Thailand berlangsung pada 7 November 2020. Pemenangnya diumumkan pada 2 Desember 2020. Adapun IMO di Hongkong, diselenggarakan pada 12 Desember 2020 dan diumumkan 10 Januari 2021. Penilaian lomba ini dilakukan melalui vidio conference dengan menggunakan aplikasi yang disiapkan pihak Panitia.

"Kami bersyukur MAN 1 Kolaka kembali mengharumkan dan mewakili negara Indonesia pada event Olimpiade Matematika Internasional," kata Maulana Jayadin.

Aida Aliyyah Muvida menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan padanya. Dia berharap pada final nanti bisa mempersembahkan medali untuk bangsa Indonesia, melalui Olimpiade bidang Matematika.

"Alhamdulillah sangat bersyukur atas pencapain ini. Saya berterima kasih kepada kepala MAN 1 Kolaka dan pembimbing yang mau meluangkan waktunya. Tentu saja masih ada rasa belum puas, karena insya Allah nanti ke depannya bisa lebih baik jika usahanya lebih giat," ujarnya.