Dukung Transformasi IAKN, Sekjen: Saya Ingin Tiap Bimas Punya Universitas

Manado (Kemenag) --- Sekjen Kemenag Nizar mendukung proses transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) menjadi universitas. Nizar bahkan berharap setiap Ditjen Bimas memiliki universitas.

“Saya datang ke sini untuk memberikan support transformasi IAKN menjadi Universitas Kristen Negeri Minahasa. Saya bermimpi, memiliki obsesi, dan ingin setiap Direktorat Jenderal atau Bimas memiliki Perguruan Tinggi berbentuk Universitas," terang Nizar saat memberikan Kuliah Umum tentang “Kebijakan Transformasi Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Kementerian Agama” di Kampus IAKN Manado, Jumat (16/4/2021).

Kuliah umum ini diikuti ribuan mahasiswa secara Dalam Jaringan (Daring). Hadir di aula IAKN Manado,  para dosen serta jajaran pimpinan. Tampak hadir juga, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Biro AUAK IAIN, Kepala Bidang Pendidikan Kristen Kanwil Kemenag, Kepala Bidang Urusan Agama Kanwil Kemenag, dan Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Sekjen menuturkan bahwa pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan serta peradaban bangsa. Transformasi kelembagaan menurutnya harus bisa menjawab kebutuhan masyarakat, kebutuhan pembangunan nasional, pertumbuhan potensi jumlah mahasiswa, serta pengembangan IPTEK dan Seni.

Sebelumnya, Rektor IAKN Manado, Jeane Marie Tulung,  melaporkan perkembangan Kampus IAKN Manado dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, IAKN Manado terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dirinya dalam memikul tanggung jawab ini. "Peningkatan di berbagai sektor terus digenjot.  Peningkatan aspek birokrasi telah nampak dari penandatanganan maklumat pelayanan keterpilihan IAKN Manado menjadi pilot project penilaian Pembangunan ZI WBK/WBBM," jelasnya.

“Tentunya pengembangan ini tidak lepas dari peran dan kontribusi aktif dari semua jajaran Kementerian Agama RI. Untuk itu, diucapkan terima kasih," sambungnya.

Rektor berharap usulan transformasi yang sudah dan sedang berproses di Kementerian Agama RI dapat terus berjalan. "Kami berharap mimpi besar IAKN Manado menjadi Universitas Kristen Negeri Minahasa dapat terwujud," tandasnya. (Devis Pinontoan dan Marcelino Runturambi)