Dunia Komunikasi Berubah Pesat, Ini Pesan untuk Humas Kemenag

Bogor (Kemenag) --- Era Reformasi Industri 4.0 menuntut Humas Kementerian Agama untuk mampu beradaptasi dan menguasai teknologi digital. Pesan ini disampaikan oleh Direktur Tata Kelola dan Informasi Publik Kemenkominfo, Hasyim Gautama saat berbicara di hadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional Kehumasan Kementerian Agama.

"Jika komunikasi publik dahulu polanya hubungan antar lembaga, komunikasi publik sekarang polanya asimetris. Kita sangat tergantung sekali dengan dunia digital," ujar Hasyim, Selasa (20/9/2022).

Bertempat di The Rizen Hotel Bogor, gelaran rapat koordinasi tersebut diselenggarakan oleh Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama dengan mengusung tema "Penguatan Kehumasan di Era Digital". Peserta acara merupakan perwakilan Humas dari seluruh satuan kerja yang ada di bawah Kementerian Agama se-Indonesia.

"Berkaca dari kasus oknum hacker yang menyerang Kemenkominfo, saat ini seorang individu anonim pun bisa langsung berkomunikasi kepada Menteri Kominfo dan publik secara luas dengan hanya menggunakan perangkat digital," lanjut Hasyim.

"Era ini mendorong pranata humas untuk dapat menguasai teknologi digital seperti perangkat Mobile, penyimpanan Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data dan Artificial Intelligence (AI)," tambah Hasyim.

Mendukung upaya transformasi digital tersebut, Hasyim mengatakan Kemenkominfo menyediakan sistem penyimpanan berbasis Cloud yang bisa digunakan oleh seluruh pranata humas Kementerian Agama.