DWP Kemenag Dorong UMKM Pesantren Proses Sertifikasi Halal Produknya

Surakarta (Kemenag) --- Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Kemenag, pesantren, Dekranasda dan pelaku usaha kecil lainnya segera memproses sertifikasi halal produk kewirausahaannya.

Hal ini disampaikan Eny Retno Yaqut saat membuka Pospenas Expo 2022 yang digelar di pelataran GOR Sriwedari, Kota Surakarta.

"Sertifikasi halal ini penting bagi pelaku UMKM dalam pengembangan kewirausahaan. Produk UMKM juga bisa menembus pasar internasional asal memiliki sertifikasi dan logo halal," ujar Eny Retno Yaqut di depan pelaku UMKM, pengurus DWP Kemenag se Indonesia dan perwakilan pondok pesantren, Rabu (23/11/2022). 

Turut mendampingi Eny Retno Yaqut saat pembukaan Pospenas Expo, Ketua Pembina Dharma Wanita Provinsi Jawa Tengah sekaligus Ketua Dekranasda, Atikoh Ganjar Pranowo, Ketua Dekranasda Pemkot Surakarta Selvi Ananda dan Ketua DWP Kemenag Farikha Nizar. 

Eny Retno menambahkan pemerintah melalui Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag telah memfasilitasi sertifikasi halal bagi pelaku UMKM. 

Fasilitas yang diberikan sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan kewirausahaan, khususnya pelaku UMKM. 

"Jadi bagi yang belum memiliki sertifikasi halal segera urus, prosesnya mudah. Apalagi ke depan produk UMKM Indonesia bisa impor ke Arab Saudi dan negara lainnya asal memiliki sertifikasi dan logo halal," tandas Eny Retno. 

Pospenas Expo akan berlangsung 23-25 November 2022 di GOR Sriwedari Kota Surakarta. 

Pospenas Expo 2022 ini diikuti 60 stand UMKM yang berasal dari puluhan kanwil dan kantor Kemenag serta Dekranasda dari berbagai provinsi.