Empat Siswa MAN 2 Kota Malang Raih Beasiswa LPDP Kuliah S1 di Luar Negeri

Kota Malang (Kemenag) --- Prestasi terus diraih para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Sepanjang 2021, tercatat lebih dari 393 siswa yang unjuk prestasi akademik di beragam kompetisi, baik tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. 

Terbaru, empat siswa MAN 2 Kota Malang meraih beasiswa Indonesia Maju – LPDP untuk kuliah S1 pada perguruan tinggi di luar negeri.  Wakil Kepala Bidang Humas MAN 2 Kota Malang Ahmad Thohir Yoga mengatakan, beasiswa LPDP untuk kuliah S1 di luar negeri baru kali pertama dibuka. Selama ini, besiswa luar negeri pada program LPDP difokuskan untuk program magister (S2) dan doctoral (S3). 

“Alhamdulillah, pada angkatan pertama program beasiswa LPDP untuk kuliah S1 di luar negeri, empat siswa MAN 2 Kota Malang bisa ambil bagian, lolos seleksi beasiswa,” terang pria yang akrab disapa Yoga ini, saat ditemui di kampus MAN 2 Kota Malang, Jumat (17/12/2021).

Keempat siswa tersebut, lanjut Yoga, adalah para peraih medali pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Mereka adalah Afifuddin Yunior (Peraih Medali Perak KSN Fisika 2021), Fitra Hasanata Isa (Peraih Medali Perak KSN Geografi 2020), Hilman Agung Saputra (Peraih Medali Perak KSN Kebumian 2020 dan Medali Perunggu IESO 2021), dan Mohammad Ismu Daud (Peraih Medali Emas KSN Biologi 2021).

“Ini tentu capaian yang luar biasa. Prestasi mereka bisa menjadi motivasi bagi siswa-siswa MAN 2 Kota Malang lainnya untuk mendapatkan kesempatan beasiswa LPDP di berbagai negara,” tuturnya.

“Prestasi ini juga sangat mendukung tercapainya visi MAN 2 Kota Malang Menjelajah Dunia atau yang dikenal dengan Madu Manja,” sambungnya.

Yoga menyebut tahun 2021 sebagai tahun prestasi. Sebab, banyak sekali prestasi yang diraih para siswa, baik di bidang akademik maupun non akademik. MAN 2 Kota Malang mencatat ada 393 siswa yang terlibat dalam pencapaian prestasi akademik sepanjang 2021. Selain itu, tercatat ada 37 prestasi non akademik yang diraih para siswa.

“Kami menyebut tahun ini sebagai tahun prestasi. Hampir semua kejuaraan nasional yang kami ikuti, baik yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, maupun lainnya, ada siswa MAN 2 Kota Malang yang meraih medali,” jelasnya.

Sebagai informasi, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan sesuai amanat PMK Nomor 252 Tahun 2010. LPDP kemudian ditetapkan sebagai sebuah lembaga berbentuk Badan Layanan Umum pada 30 Januari 2012 setelah disahkannya KMK Nomor 18 tahun 2012. 

LPDP memiliki visi Menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. Program layanan LPDP terdiri dari beasiswa, pendanaan riset dan pengelolaan dana (investasi).