Eny Retno dan Kecintaannya pada Anak Yatim

Rembang (Kemenag) --- Ada pemandangan menarik di Panti Asuhan Daarul Hadlonah, Rembang, Jawa Tengah pada Kamis (19/8/2021) siang. Di salah satu sudut panti yang merupakan binaan Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKM NU) Rembang tersebut, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Eny Retno Yaqut tampak asyik berbincang dengan puluhan anak asuh di sana. 

Dengan penuh kasih, ibu dari empat orang putri ini bercengkrama dengan anak-anak yatim piatu tersebut. Eny pun tak segan untuk memohon doa dari anak-anak tersebut agar diberikan kelancaran untuk menjalankan tugas negara melayani masyarakat.

“Saya didoakan ya. Supaya Gus Menteri dan kami diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas negara dan diridlai Allah SWT,” ungkap perempuan yang akrab disapa Simbok Emban ini sembari mengelus kepala salah seorang anak yatim. 

Eny menyampaikan, alasan kehadirannya di Panti Asuhan Daarul Hadlonah itu untuk berbagi kebahagiaan dengan anak yatim piatu di sana. Ia meyakini, berbagi kebahagiaan dengan anak yatim piatu menjadi kewajiban setiap muslim dan akan membawa keberkahan. Terlebih, di bulan Muharram yang kerap disebut sebagai bulannya anak yatim oleh masyarakat muslim Indonesia. 

Dalam kunjungan yang bertepatan dengan 10 Muharram 1443 H tersebut, Eny Yaqut memberikan santunan kepada 50 anak yatim piatu serta sejumlah sumbangan bagi Panti Asuhan Daarul Hadlonah. 

Turut hadir mendampingi Eny Yaqut, oleh Ketua DWP Kanwil Kemenag Jawa Tengah Linda Musta’in Ahmad dan Ketua DWP Kankemenag Rembang Juwarmi Fatah. Panti Asuhan Darul Hadlonah adalah Panti Asuhan yang berada di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU (YKM NU) Rembang. 

Kunjungan Eny Retno ini disambut oleh beberapa pengurus Panti Asuhan Darul Hadlonah dan Ketua Muslimat NU Rembang. Mereka adalah Ketua Muslimat NU Rembang, Hj. Ulfah Munawwar, Ketua YKM NU, Hj. Mahmudah Masykuri dan Ketua Panti Asuhan Darul Hadlonah, Hj. Hidayatun Atho’illah.

Jajaran pengurus YKM NU dan panti Asuhan Darul Hadlonah ini menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas perkenan Ketua DWP Kemenag RI memberikan santunan kepada para yatim piatu. “Saya sampaikan terima kasih kepada Ibu Eny Retno dan jajaran Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama atas santunan yang diberikan. Semoga berkah untuk para yatim piatu di Panti ini. Menjadikan mereka semakin bersemangat dalam menuntut ilmu,” ucap Ulfah. 

Selain ke Panti Asuhan Daarul Hadlonah, dalam lawatannya ke Rembang, Eny Retno juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat. Antara lain berziarah ke makam RA  Kartini dan salah satu usaha kecil mikro (UKM) di Rembang. Saat berziarah ke makam RA Kartini,  Eny Retno mengajak untuk bersama-sama melantunkan tahlil singkat, mendoakan pejuang emansipasi wanita, RA Kartini dan keluarganya. “Mari kita sama-sama membaca tahlil dan doa untuk RA Kartini dan keluarganya,” tutur Eny Retno.

Sementara, saat berkunjung ke UKM di Rembang, Eny juga mengajak masyarakat untuk mendukung keberlangsungan UKM di Indonesia, terutama di masa pandemi saat ini. “Saya senang sekali bisa memberikan support pelaku UMKM. Saya mengajak ibu-ibu dan masyarakat untuk mendukung pengrajin, terutama di masa sulit pandemi. Mari bersama kita cintai produk-produk dalam negeri,” kata Eny Retno.
(Shofatus Shodiqoh)