Nasional

Eny Retno Yaqut Ajak Mahasiswa PTKN Cegah Kekerasan Seksual

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut

Medan (Kemenag) --- Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut mengajak mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) untuk dapat berperan aktif dalam mencegah kekerasan seksual.

Hal ini disampaikan Eny saat menjadi narasumber dalam Seminar Penguatan Ekonomi Keluarga sebagai Pencegah Kekerasan Seksual di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, di Medan. "Lingkungan akademis bisa menjadi wadah pencegahan nikah dini dan informasi keiilmuan terkait pencegahan kekerasan seksual," kata Eny Retno, di Medan, Senin (6/3/2023).

Eny menyampaikan, masalah kekerasan seksual kerap ditemui saat ini. "Dan masalahnya sangat kompleks, baik di tengah keluarga maupun bagi lingkungan sekitar," sambung Eny Retno.

Salah satu yang dapat memicunya adalah perkawinan anak. "Perkawinan anak itu memiliki peluang besar untuk mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kekerasan fisik, psikis, seksual, dan penelantaran," paparnya.

Untuk itu Eny berharap lingkungan kampus dapat menjadi tempat untuk melakukan edukasi terkait pencegahan kawin anak ini. "Para dosen dan mahasiswa saya harap bisa turut mengedukasi masyarakat tentang perkawinan dini serta pencegahan kekerasan seksual," ujarnya.

Ketua DWP UIN Sumut, Faizah Abu Rokhmat menyampaikan terimakasih atas kehadiran penasihat DWP Kemenag di kampus islam negeri kota Medan ini.

"Semoga dengan kehadiran Ibu Penasihat DWP Kemenag di tanah Deli, di tengah anak-anak generasi bangsa kedepan, dapat menjadi cambuk penyemangat dalam mengembangkan kampus UIN Sumut," kata Faizah Abu Rokhmat.

Tampak hadir, Plt Rektor UIN Sumur Prof Abu Rokhmat dan jajaran, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumut Amri Siregar.



Editor: Indah
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua