Nasional

Fasilitasi Keterampilan Pesantren, Kemenag: Kita Siapkan Bantuan Sarpras

Tangerang (Kemenag) --- Pesantren kini tidak hanya identik dengan pengajian kitab kuning. Para santri masa kini juga terampil dalam banyak hal, bahkan bidang otomotif.

Hal ini salah satunya yang dikembangkan Pesantren Riyadul Jannah Kabupaten Tangerang. Ponpes ini menempati lahan seluas 5 ha dengan santri mukim mencapai 700, putra dan putri.

Di sela kunjungan kerja ke Banten, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur sempat meninjau pesantren yang memiliki keunggulan di bidang otomatif ini. Dalam beberapa tahun terakhir, pesantren Riyadul Jannah telah mengembangkan SMK Jaya Buana. Mereka menjalin kerjasama dengan Astra Honda.

Alumni SMK ini, kata Waryono, banyak yang diterima pasar kerja. Bahkan, para user banyak yang menunggu kelulusannya. Karena selain terampil, mereka juga punya pengetahuan keagamaan yang baik.

"Dengan fasilitas yang memadai dan gedung yang representatif, meski pesantren ini cukup jauh dari kota, namun banyak peminatnya. Bahkan, Kemendikbud juga memberikan bantuan sarpras berupa gedung belajar dan bengkel," ujar Waryono di Tangerang, Rabu (10/3/2021).

"Kami di Kemenag juga berkomitmen untuk membantu sarpras pesantren agar santri nyaman dalam belajar," lanjutnya.

Menurut Waryono, terbukti bahwa pesantren kini bukan hanya menyiapkan SDM yang unggul dalam bidang agama, tapi juga ikut berkontribisi dalam menciptakan peluang kerja dan mengisi ruang-ruang kerja produktif.

"Ini bukti adanya adaptasi yang dilakukan pesantren, sehingga dapat terus berkontribusi dalam dinamika zaman," tandasnya.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua