Nasional

Galeri Harmoni Hadir di Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal TMII

Lanching Galeri Harmoni Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal TMII

Lanching Galeri Harmoni Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal TMII

Jakarta (Kemenag) --- Ada hal baru di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang-Diklat Kemenag telah menghadirkan Galeri Harmoni di BQMI.

Galeri Harmoni ini diresmikan pada 7 Desember 2021. Kehadiran Galeri Harmoni di TMII ini mendapat apresiasi dari Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“Galeri Harmoni yang bertempat di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal TMII Jakarta merupakan wadah bersama bagi agama-agama di Indonesia dalam memperluas ruang pengenalan dan pemahaman antar umat beragama,” terang Menag saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan perdana galeri ini.

Di dalam galeri ini disajikan kisah dan peristiwa yang menunjukkan kenyataan bahwa keragamaan adalah jatidiri Bangsa Indonesia. Menag berharap galeri ini dapat mendorong munculnya cara pandang dan sikap moderat, saling menghormati, menyayangi dan menghargai antar umat beragama.

“Selamat atas terwujudnya Galeri Harmoni ini semoga membawa kebaikan untuk kita bersama,” harap Menag.

Hal senada disampaikan mantan Kepala Balitbang-Diklat Achmad Gunaryo. Dia mengucapkan selamat dan sukses kepada Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal LPMQ Balitbang Diklat Kemenag atas dibukanya dan diselenggarakannya Galeri Harmoni.

Kepala LPMQ Kemenag Muchlis M Hanafi berharap kehadiran Galeri Harmoni di TMII akan berkontribusi dalam menumbuhkan kesadaran bersama bahwa sebagai bangsa yang majemuk, hidup berdampingan dengan berbagai penganut agama dan dengan latar belakang suku yang berbeda, dapat terwujud di Indonesia. Muchlis berharap inovasi LPMQ ini bisa berkontribusi dalam penguatan moderasi beragama sekaligus pada upaya perbaikan sosial di masyarakat.

Galeri Harmoni berisi informasi seputar ajaran masing-masing agama utamanya yang berkenaan dengan moderasi beragama. Dari sini, para pengunjung diharapkan memperoleh informasi bahwa semua agama mengajarkan sikap moderat.

Selain itu, galeri ini juga menyajikan informasi tentang kitab suci dan perlengkapan ibadah semua agama. Ada juga informasi tentang sejarah masuknya agama-agama ke Indonesia dan hal lainnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua