Gali Potensi Santri, Kemenag Jateng Gelar Pospeda 2022

Kemenag (Solo) ---  Dalam rangka menggali potensi para santri di bidang olahraga dan seni, Kanwil Kemenag Jateng gelar Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospeda) Tahun 2022 di MAN 1 Kota Surakarta, Sabtu (27/8/2022). Mengangkat tema “Santri Sehat, Cerdas, Mandiri dan Toleran”, perhelatan ini diikuti 1.284 santri putera-puteri secara daring dan 274 luring.

Mereka berkompetisi memenangkan serangkaian cabang lomba, antara lain Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Hadrah, Video Film Pendek, Olahraga Atletik, Pencak Silat, Senam Kesegaran Jasmani.

Pospeda ini bukan hanya sekadar ajang lomba namun sebagai silaturahim antar santri se-Jawa Tengah sekaligus memupuk sikap sportif, toleran, dan moderat. 

“Jadikan Pospeda sebagai sarana berkompetisi sekaligus sarana untuk berkolaborasi serta memperkuat tali persaudaraan para santri,” pesan Kakanwil Jawa Tengah, Musta’in Ahmad.

Musta’in juga minta jajarannya agar secara intens memperhatikan bidang olahraga dan kesehatan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di lingkungan Kementerian Agama. “Soal kesehatan sekarang ini, di saat adanya perubahan iklim, kesamaptaan jasmani kita ini sangat diperlukan,” kata Musta’in di depan para pejabat dan peserta yang hadir.

Tampak sejumlah pejabat Kanwil Jateng hadir, antara lain Kabid Pontren Nur Abadi, Kepala Kankemenag Surakarta Hidayat Maskur dan Kepala MAN 1 Surakarta Slamet Budiono.

Para juara lomba nantinya menjadi utusan santri pada Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-IX dan Surakarta sebagai tuan rumah pada November mendatang.

“Diharapkan para santri dapat menjadi duta-duta terbaik yang akan mewakili Jawa Tengah dalam ajang POSPENAS. Selamat bertanding dan berjuang,” tutup Musta’in.