Nasional

Gebyar HUT RI, 16.335 Peserta Daftar Tes IVA dan Sadanis DWP Kemenag

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut

Jakarta (Kemenag) --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis. Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut mengatakan, acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16.335 peserta yang sudah mendaftar,” ujar Eny Retno di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

“Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN),” sambungnya.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Menurut Eny Retno, dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta diinas atau suku dinas kesehatan di berbagai provinsi dan kabupaten/kota. Pelaksanaannya dilakukan di Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag kabupaten/kota, kampus PTKN, atau di Puskesmas setempat.

Di Jakarta, lanjut Eny Retno, program ini dipusatkan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama. Selain itu, Kanwil Kemenag DKI Jakarta juga menyelenggarakan secara tersendiri di kantornya.

“Untuk di Kantor Kemenag pusat, tercatat ada sekitar 432 peserta, terdiri dari 265 peserta dari 11 unit Eselon I Kemenag dan 167 peserta dari masyarakat umum yang mendaftar,” jelas Eny Retno.

“Ada 40 tim medis yang bertugas di auditorium HM Rasjidi dari enam Puskesmas, yaitu Menteng, Kemayoran, Johar Baru, Gambir, Tanah Abang, Sawah Besar. Kami sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Jakarta Pusat,” lanjutnya.

Giat Tes IVA dan Sadanis dibuka oleh Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut. Seremonial pembukaan berlangsung pada 10 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB. Dalam pembukaan itu, ikut bergabung juga secara daring DWP Kemenag Kanwil dan PTKN penyelenggara tes IVA dan Sadanis di daerah masing-masing.

"Karena masih pandemi, proses tes IVA dan Sadanis tetap menerapkan protokol kesehatan," tandas Eny.

(Humas)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua