Nasional

Gelar Seleksi PPIH Arab Saudi, Dirjen Minta Calon Petugas Bersaing Sehat 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief

Jakarta (Kemenag) --- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief meminta calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara bersaing terbuka, sehat, dan akuntabel.

Hal ini ditegaskan Hilman saat membuka dan memberikan sambutan Seleksi PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/2023 M yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Jumat (24/2/2023).

“Para calon PPIH Arab Saudi ini diharapkan bersaing secara terbuka, sehat, dan akuntabel,” kata Hilman.

Seleksi ini, kata Hilman, dapat mengantarkan para calon petugas ini untuk melayani jemaah haji di Tanah Suci. Menurutnya, seleksi ini juga dapat dimaknai sebagai sebuah perjuangan untuk dapat menunaikan rukun Islam kelima.

“ini adalah sebuah perjuangan bagi kita semua dan saya mengapresiasi dan menghargai semangat bapak ibu dalam mengikuti seleksi ini,” jelasnya

Ia berharap, seleksi calon PPIH Ini dapat memperkuat ekosistem penyelenggaraan haji. Ini dikarenakan jumlah kuota jemaah haji Indonesia kembali ke kuota normal sebanyak 221ribu. “Ini memperkuat ekosistem penyelenggaraan haji, semakin kuat, insya Allah. Kita punya PR (pekerjaan rumah) banyak tahun ini. Kita akan kembali ke kuota normal 221rb orang,” terangnya.

Sehingga, lanjut dia, peserta yang lolos akan melayani jemaah haji yang 65ribu di antaranya adalah jemaah lanjut usia (lansia). “Bapak ibu yang lolos nanti akan melayani 221rb orang, yang 65ribu di antaranya adalah lansia,” ucapnya.

Dirinya berharap seluruh peserta diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengikuti seleksi ini sehingga dapat mengikuti pelatihan dan pembekalan petugas yang akan direncanakan pada 8 Maret 2023.

“Mudah-mudahan bapak ibu yang mengikuti seleksi ini diberikan kelancaran dan selanjutnya bisa mengikuti pelatihan petugas pada 8 Maret 2023 dan akan diberangkatlan pada bulan Mei, sebelum jemaah berangkat ke Tanah Suci," tuturnya.

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat dalam laporannya mengatakan bahwa CAT rekrutmen PPIH Arab Saudi Tingkat Pusat Tahun 1444 H/2023 M dilaksanakan untuk menghasilkan calon-calon petugas haji yang profesional dan berintegritas.

“Selain itu, seleksi ini bertujuan untuk mempersiapkan petugas yang berdedikasi tinggi dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan pelindungan kepada Jemaah haji,” kata Arsad.

Arsad menambahkan, jumlah peserta yang mengikuti seleksi ini sebanyak 630 orang, terdiri dari TNI / Polri, ASN Kementerian Agama Tingkat Pusat, para insan Media/wartawan (MCH), Unsur Kementerian/Instansi terkait serta Organisasi Kemasyarakat Islam.

Sedangkan seleksi PPIH Arab Saudi Tingkat Pusat ini terdiri dari Test kompetensi berupa CAT (Computer Assisted Test) serta Wawancara pendalaman bidang tugas.

Turut hadir Inspektur Wilayah I Itjen Kemenag Maman Saepullah, Direktur Pengelolaan dana Haji Jaja Jaelani, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid serta Kasubdit Bina Petugas M. Khanif.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Husni Anggoro

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua