Gelombang Kedua, 450 Jemaah Haji Kloter 01 PLM Dinyatakan Bebas Covid-19

Palembang (Kemenag) - - Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah hari ini, Senin, (1/8/2022) berlangsung di sejumlah daerah di tanah air. 

Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua ditandai dengan tibanya 450 jemaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Sukarami, Kota Palembang sekitar pukul 17.00 WIB. 

Iring-iringan bis membawa jemaah haji OKU Timur yang tergabung dalam kelompok terbang 01 PLM tampak tiba di Asrama Haji Debarkasi Palembang sekitar pukul 18.00 WIB. Para jemaah kemudian mengikuti protokol kesehatan dengan melewati mesin Health Quarantine Check dilanjutkan menjalani tes swab antigen sebelum dilepas pulang ke daerah di Asrama Haji Debarkasi Palembang. 

Dalam menjalani pemeriksaan swab antigen para jemaah dibagi ke dalam 10 rombongan/kelompok untuk mempermudah proses antrian antigen di aula asrama haji. Mereka pun diarahkan oleh petugas untuk bergabung ke dalam rombongan.Hasil swab antigen yang dilakukan petugas kesehatan, seluruh jemaah haji kloter 01 PLM dinyatakan bebas Covid-19. 

Khusus untuk penyerahan air zamzam dan tas jemaah akan dibagikan di Kantor Kemenag OKU Timur. 

Tampak menyambut kedatangan jemaah haji Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan dan jajaran, pejabat Pemprov Sumsel serta Bupati OKU Timur. 

Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan sekaligus Ketua PPIH Debarkasi Sumsel mengatakan proses pemulangan jemaah haji kloter 01 PLM berjalan dengan lancar tanpa ada kendala termasuk kesehatan jemaah.  "Alhamdulillah semua jemaah haji kloter 01 PLM asal Kabupaten OKU Timur dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19. Selamat kembali ke tanah air, bapak dan ibu malam ini akan kembali bertemu dengan keluarga. Ini keberkahan dari Allah swt kepada bapak dan ibu semua, " kata Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan saat menyambut jemaah. 

"Terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada petugas baik yang mendampingi jemaah selama di tanah suci dan di tanah air. Malam ini bapak dan ibu akan kembali ke kampung halaman, kami mendoakan bapak dan ibu selamat sampai tujuan. Semoga menjadi haji mabrur, " sambung Kakanwil Kemenag Sumsel

Jemaah haji asal OKU Timur malam ini sekitar pukul 22.00 WIB akan kembali ke daerah mengunakan 16 bis dengan menempuh perjalanan darat selama 6 jam dari Kota Palembang.