Groundbreaking Masjid Asrama Haji Indramayu Direncanakan Awal Juli 

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Masjid Asrama Haji Indramayu, pada awal Juli 2021. 

“InsyaAllah kita akan meninjau sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan Masjid di Asrama Haji Indramayu awal Juli. Kita jadwalkan saja,” ungkap Menag saat menerima Kakanwil Kemenag Jawa Barat Adib, di Jakarta, Selasa (22/6/2021). 

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Jawa Barat Adib melaporkan kepada Menag saat ini proses pembangunan di komplek Asrama Haji Indramayu terus berlangsung. “Kita menargetkan seluruh komplek Asrama telah selesai pembangunan pada 2024. Saat ini sudah ada beberapa tower yang selesai,” ungkap Adib. 

Adib menjelaskan, asrama yang dibangun di atas tanah seluas 7,8 hektar tersebut saat ini tengah memasuki tahap ke-2 pembangunan. “Pada pembangunan tahap 1 di 2020, sudah dibangun ini kamar tidur, ruang kerja, dan aula. Tahap kedua, akan dibangun fasilitas penunjang lainnya, salah satunya Masjid,” tuturnya. 

Saat ini, lanjut Adib, sedang dilakukan pengurukan pada lahan yang akan dibangun masjid. Pembangunan masjid ini dibiayai dengan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “InsyaAllah tanggal 1 Juli sudah siap groundbreaking. Kita jadwalkan nanti Menag dapat menghadiri groundbreaking pembangunan masjid Asrama Haji Indramayu bersama Gubernur Jawa Barat sebelum ke Cirebon,” ujar Adib.  

Turut hadir dalam pertemuan bersama Menag, Staf Khusus Menteri Agama Nuruzzaman, Kepala Balitbang Diklat Kemenag Gunaryo, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sumanta Hasyim, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (Puslitbang LKKMO) Arskal Salim, dan Sekretaris Menteri Thobib Al-Asyhar.