Nasional

Gus Men Minta Pengawas Jadi Contoh Baik Kemajuan Madrasah

Menteri agama membuka silaturahmi pokjawas nasional

Menteri agama membuka silaturahmi pokjawas nasional

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas meminta para pengawas Madrasah untuk tidak jadi polisi atas madrasah. Justru ia berharap pengawas mampu memberikan contoh yang baik serta melahirkan budaya belajar mengajar yang baik di dalam madrasah.

"Jadi tugas pengawas itu harus mampu jadi koordinator, konsultan, grup leader, evaluator. Jadi harus sering turun ke lapangan agar madrasah juga mendapat bimbingan," ungkap Gus Menteri saat membuka acara Silaturahmi Nasional Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Nasional 2022 yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Karena menurutnya, tugas sebagai pengawas sangat vital bagi kemajuan madrasah. Karenanya pengawas harus mampu melihat lebih baik dan lebih luas dibanding yang lainnya. "Jadi bapak ibu, tugas pengawas ini melakukan pengawasan terhadap akademik dan manajerial," tegasnya.

Gus Men mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, tema yang diangkat sangat tepat, yaitu 'Merajut Kebersamaan Dalam Bingkai NKRI: Peningkatan Kompetensi Pengawas dalam Mengawal Transformasi Digital dan Tantangan Keutuhan Bangsa di Era Society 5.0'.

Menurutnya, tema ini sangat relevan dan memang harus dilakukan oleh para pengawas madrasah dan semua ASN Kementerian Agama. Yaitu, niat menjaga keutuhan bangsa dan NKRI sekaligus beradaptasi dengan era 5.0. "Tidak banyak pengawas terutama di pengawas di tempat lain, yang mampu menjalankan niat baik seperti tema ini. Apresiasi setinggi-tingginya," ungkapnya.

Ia pun berharap pertemuan ini mampu menghasilkan hal-hal baik bagi madrasah, khususnya bagi pengawas itu sendiri. "Saya harap, pertemuan ini mampu menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang berorientasi pada kemajuan madrasah," ujarnya.

"Tentu, dalam kesempatan yang baik ini juga saya minta Direktur GTK untuk memperjuangkan nasib dan kesejahteraan para pengawas madrasah. Dengan syarat, para pengawas juga memperjuangkan kemajuan madrasah sesuai dengan tugas pokoknya," ungkapnya.

Oleh karena itu, sekali lagi Gus Men meminta forum silaturahmi ini membuat kesepakatan baik. Karena dirinya yakin jika pengawas bekerja lebih baik, itu akan berdampak pada madrasah yang berprestasi. "Mari komitmen bersama untuk membangun madrasah lebih baik," tegasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua