Daerah

HAB 73, Ini Kata Kepala Daerah tentang Kemenag

Gubernur Anies Baswedan memotong tumpeng kerukunan usai pimpin upacara HAB 73 di Kanwil Kemenag Jakarta (foto: Inmas Jakarta)

Gubernur Anies Baswedan memotong tumpeng kerukunan usai pimpin upacara HAB 73 di Kanwil Kemenag Jakarta (foto: Inmas Jakarta)

Jakarta (Kemenag) --- Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama diperingati di seluruh satuan kerja Kementerian Agama. Mulai dari Kankemenag Kota /Kabupaten, Kantor Wilayah, hingga pusat. Sejumlah Kepala Daerah yang tampak hadir pada peringatan HAB ke-73 Kemenag menyampaikan apresiasinya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan misalnya, mengapresiasi peran Kementerian Agama dalam menjaga kerukunan masyarakat di Ibukota Jakarta. Hal ini diungkapkan Anies pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke – 73, di Kantor Kankemenag Kota Jakarta Timur, Jakarta.

“Saya percaya tahun 2019 ini, dengan kontribusi Kementerian Agama, masyarakat DKI Jakarta siap menghadapi demokrasi. Tahun politik akan terlewati dengan damai,” tutur Anies di hadapan 5000an ASN Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kamis (03/01).

Apresiasi senada disampaikan Sekretaris Daerah Aceh Dermawan yang hadir pada peringatan HAB Ke-73 di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Selama ini menurutnya, Pemda dan Kanwil Kemenag Aceh telah melakukan banyak kerjasama guna memberikan pelayanan keagamaan di provinsi Serambi Mekah tersebut.

Ia mengapresiasi Kanwil Kemenag Aceh yang secara terus menerus telah melakukan perbaikan pelayanan mulai dari pendidikan, pencatatan nikah, hingga pelayanan haji. “Kami juga sinergi dalam membangun pendidikan di Aceh, baik pendidikan agama maupun pendidikan umum, sehingga kebersamaan ini mampu melahirkan kurikulum aceh,” ungkap Dermawan.

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengungkapkan harapannya dalam peringatan HAB ke-73. Ia berharap Kemenag dapat terus meningkatkan fungsinya untuk melayani masyarakat, sehingga berdampak pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan seluruh umat beragama di Sulawesi Tengah.


“Semoga semua umat beragama semakin meningkat iman dan taqwanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kalau ini meningkat, maka kita akan saling menghargai, saling menghormati, dan saling memahami satu sama lain,” ujar Longki usai memimpin upacara peringatan HAB ke-73 di halaman Kanwil Kemenag Sulawesi Tengah.

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Aziz pun menyampaikan harapan yang sama. Ia berharap dengan kerjasama yang telah dilakukan selama ini, dapat lebih mengayomi masyarakat OKU. Utamanya dalam peningkatan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas.

“Saya bangga dan berterimakasih kepada seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Oku khususnya yang telah turut membantu kami Pemerintah Kabupaten OKU dalam menjalankan sistem birokrasi yang baik, khususnya di bidang keagamaan,”ujar Kuryana Aziz.

Pengakuan atas kiprah Kemenag juga disampaikan oleh Bupati Bantul Suharsono. Suharsono yang hadir dalam peringatan HAB ke-73 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul memberikan hadiah sepeda kepada 12 siswa madrasah. “Ini diberikan bagi siswa madrasah yang berhasil meraih prestasi tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Tags:

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua