Haji 2022

Haji Akbar, Menag: Saudi Sudah Lakukan Pengaturan dengan Baik

Makkah (Kemenag) --- Wukuh di Arafah pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M bertepatan dengan Jumat, 8 Juli 2022. Masyarakat menyebut momen ini sebagai Haji Akbar.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa selama ini momentum Haji Akbar menarik minta banyak orang untuk datang dan melaksanakan ibadah haji. Namun, Menag yakin semuanya sudah diatur dengan baik oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Saya melihat Kerajaan Arab Saudi sudah melakukan pengaturan dengan baik. Dari yang saya dapatkan dan saya terima, persiapan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina sudah cukup baik,” jelas Menag usai menunaikan Umrah Wajib di Masjidil Haram, Makkah, Senin (4/7/2022).

“Saya kira kita perlu mengapresiasi kerajaan Saudi Arabia, Raja Salman dan Putra Mahkota yang sudah bersiap-siap menyambut tamu Allah untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik. Mudah-mudahan semua diberi kelancaran. Aamiin,” harapnya.

Menag Yaqut juga mengapresiasi jemaah haji Indonesia yang terus menjaga ketertiban dalam beribadah di Masjidil Haram. Karena cuaca sangat panas, Menag mengimbau jemaah untuk menjaga fisik dan stamina. 

“Minum vitamin dan air putih yang cukup dan saya kira ini (cuaca panas) bagian dari ujian kita ketika kita melaksanakan ibadah haji,” pesan Menag. 

“Mudah-mudahan seluruh jemaah haji Indonesia diberikan kelancaran agar mendapatkan haji mabrur, insya Allah,” harapnya.