Hampir Dua Ribu Peserta Ikut Tes PMB Lokal UIN Ar-Raniry

Banda Aceh (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry) Banda Aceh menggelar ujian seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal. Tercatat sebanyak 1.976 peserta mengikuti tes yang berlangsung selama tiga hari, mulai 18-20 Juli 2022. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembangaan UIN Ar-Raniry  Gunawan menjelaskan bahwa tahun ini UIN Ar-Raniry menerima 5.140 mahasiswa baru. Mereka diterima melalui lima jalur yaitu SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN dan PMB Lokal. 

“Tahun ini UIN Ar-Raniry menerima sekitar 5140 orang calon mahasiswa melalui seleksi nasional dan mandiri. Jalur PMB Lokal yang merupakan seleksi terakhir mendapat kuota sekitar 30 persen atau sekitar 1.350 orang dari jumlah keseluruhan yang diterima,” kata Gunawan disela-sela monitoring yang turut didampingi Kepala Biro AUPK Ibnu Sa'dan, Senin (18/7/2022). 

Lebih lanjut, Gunawan menjelaskan bahwa pada PMB Lokal tahun 2022, Program Studi dengan peminat terbanyak yaitu: Teknologi Informasi, Ekonomi Syari'ah, Psikologi, Ilmu Hukum dan Perbankan Syariah, Hukum Ekonomi Syari’ah, Arsitektur, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Bimbingan Konseling. 

Kepala Bagian Akademik Biro AAKK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Fadhli menjelaskan, peserta tes lokal PMB terdiri dari 263 peserta rumpun IPA, 956 peserta rumpun IPS, serta 757 peserta rumpun IPC.

“Ujian dilaksanakan secara online dengan mengadopsi aplikasi SSE UMPTKIN Kemenag RI, termasuk soal. Sementara peserta melaksanakan ujian di lokasi masing-masing,” kata Fadhli dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022). 

Ujian Susulan PMB Lokal UIN Ar-Raniry 

Selain itu, kata Fadhli, UIN Ar-Raniry masih membuka ujian susulan bagi peserta yang berhalangan dengan alasan tertentu. Ujian susulan rencananya akan dilaksanakan pada 20 Juli 2022. 

"Untuk itu, bagi peserta yang gagal mengikuti PMB lokal tahun ini dengan alasan tertentu atau apabila ada kendala dalam pelaksanaan ujian segera melakukan pengaduan ke sapa.um-ptkin.ac.id atau nomor call center yang tertera di kartu ujian, untuk dapat mengikuti ujian susulan di tanggal 20 Juli 2022," terang Fadhli.

Selanjutnya, panitia akan melakukan verifikasi kendala atau masalah yang dihadapi dan akan dikonfirmasi kembali oleh panitia melalui aplikasi pendaftaran. 

Panitia, lanjut Fadhli, panitia sudah mengumumkan nama-nama yang berhak mengikuti ujian susulan. "Bagi peserta yang sudah mengirimkan pengaduan, harap segera cek akun masing-masing, untuk memastikan apa berhak mengikuti ujian susulan," pesan Fadhli. 

“Karena, Ujian susulan PMB lokal ini akan dilaksanakan hari ini,  pada Rabu, 20 Juli 2022 pukul 14.00 WIB sampai selesai, dan hasil kelulusan akan diumumkan serentak pada tanggal 28 Juli 2022 pukul 17.00 WIB,” imbuhnya. (Arkin)