Internasional

Harumkan Nama Indonesia, Tim Robotik MTsN 1 Pati Raih Medali di Malaysia

Tim Robotik MTsN 1 Pati raih Medali Perunggu di Malaysia

Tim Robotik MTsN 1 Pati raih Medali Perunggu di Malaysia

Pati (Kemenag) --- Tim Robotik MTsN 1 Pati kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Asia Tenggara. Tim yang terdiri atas Hafiz Ulumuddin Karim, Baraka Rafa Nararya, dan Hibban Fazada Barron memboyong bronze medal kategori Creative Robotic dalam ajang 7th Asian Junior Robot Cup (AJR).

AJR diselenggarakan oleh Asian Robotic Competition Commite (ARCC) bekerja sama dengan Indonesian Young Robotic Association (IYRA) di International Islamic University Malaysia (IIUM), Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (26/2/2023). AJR diikuti ratusan peserta dari berbagai negara di Asia Tenggara, antara lain: Thailand, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

AJR merupakan event tahunan regional di Asia Tenggara yang fokus terhadap pengembangan kegiatan Stem Robotic. Anggota AJR adalah sekolah-sekolah terbaik di Asia Tenggara.

“Event ini untuk mempromosikan kegiatan stem robotic di sekolah-sekolah di Asia Tenggara. Harapannya nanti negara-negara di Asia Tenggara tidak kalah maju dibandingkan negara-negara yang ada di Asia, Eropa, dan sebagainya,” papar Ketua IYRA Indonesia, Firdiansyah.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa AJR Tahun 2023 bertujuan untuk menyiapkan anak-anak Asia Tenggara untuk berlaga di World IYRC Korea pada Agustus mendatang.

Hafiz bersyukur tim robotik MTsN 1 Pati memperoleh medali perunggu di ajang ini. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas rahmat Allah, tim kami diberikan keberkahan kembali sebagai peraih bronze medal dalam AJR kali ini,” ucap hafiz sesaat setelah mendengar pengumuman.

“Sungguh berat, kami harus bertanding dan bersaing ketat dengan ratusan roboticist se-Asia Tenggara. Namun, berkat kekompakan, kesabaran, dan do’a dari seluruh pencinta MTsN 1 Pati serta pertolongan Allah Swt. kami dapat menyelesaikan lomba dengan baik dan akhirnya dinobatkan sebagai peraih bronze medal,” imbuhnya.

Hafiz bersama tim robotic MTsN 1 Pati berterima kasih kepada madrasah yang telah memberikan kesempatan siswanya untuk mengembangkan bakat dan potensi sekaligus memfasilitasinya hingga bisa terbang ke Malaysia. “Semoga di event yang akan datang bisa bertahan dan mempersembahkan yang lebih baik untuk MTsN 1 Pati dan Indonesia tercinta,” harapnya.

Syafiul Anam, ayah Hibban juga merasa senang anaknya dapat berkontribusi untuk madrasah, sekaligus negara tercinta. “Tidak percaya kalau anak kami punya kemampuan dan kesempatan sebesar itu. Setelah dipoles, digembleng, dan dibina oleh MTsN 1 Pati, Alhamdulillah potensi dan kesempatannya semakin luas dan nampak. Semoga ini sebagai tanda barokahnya MTsN 1 Pati yang bisa mengharumkan nama Pati, Jawa Tengah, dan Indonesia di kancah Asia Tenggara,” ungkapnya.

Apresiasi juga datang dari Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak atas prestasi siswanya di ajang internasional. “Ini bukti keseriusan madrasah untuk mewujudkan madrasah mandiri berprestasi, unggul, mendunia, dan keren,” tuturnya.

“Selamat kepada anak-anakku, terima kasih atas perjuanganmu. Jadikan pengalaman sebagai guru terbesar. Jangan putus asa, asah terus kompetensi, dan tingkatkan gairah belajar. Kepada para wali siswa kami ucapkan terima kasih atas dukungannya,” pesannya. (TiM)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua