Harumkan UIN Malang, Amilia Dwi Yanti Raih Best Intelegensia Duta Lingkungan Jatim

Malang (Kemenag) --- Amilia Dwi Yanti, mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengharumkan nama almamaternya, setelah meraih Best Intelegensia Duta Lingkungan Provinsi Jawa Timur 2021. Beberapa waktu yang lalu, Amilia juga meraih Juara 1 Panelis Duta Pemuda Indonesia.

Untuk menjadi juara, Amilia mengikuti proses seleksi yang panjang dari Februari hingga April 2021. Seleksi awal berlangsung di Kota Surabaya pada Februari. Amilia masuk sebagai salah satu finalis sehingga berhak mengikuti pembekalan finalis. Seleksi tahap akhir berlangsung di Kabupaten Jember.  Amilia dikukuhkan sebagai juara pada grand final yang diselenggarakan 11 April 2021 di Jember Townsquere.

Kepada awak media, Amel sapaan akrabnya, mengatakan bahwa ajang Duta Lingkungan Provinsi Jawa Timur 2021 sangat menantang dan luar biasa, walau dilakasanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat. Bagi Amel, setiap even harus diikuti dengan gigih, pantang mundur dan terus berjuang semaksimal mungkin.

"Di tengah kesibukan studi, alhamdulillah berkesempatan mengikuti even yang bergengsi ini dan meraih kategori Best Intelegensia Duta Lingkungan Provinsi Jawa Timur 2021," tutur Amel di Malang, Rabu (14/3/2021).

Atas prestasi yang diraihnya, Amel mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua, Dekan Fak. Psikologi Siti Mahmudah, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Elok Halimatus Sa’diyah yang dengan sabar membimbing dan menyemangatinya. Tak lupa juga teman-teman Duta GenRe Kabupaten Malang dan Duta Pemuda Kabupaten Malang.

Amel berharap prestasi ini akan terus menstimulasi pengembangan dirinya dan juga mahasiswa lain, untuk terus berkontribusi pada kemajuan generasi muda Indonesia.

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Isroqunnajah (Gus Is) juga mengapresiasi prestasi Amel di bidang lingkungan. “Prestasi ini membanggakan bagi keluarga besar UIN Maliki, dan menjadi bukti bahwa mahasiswa kami memiliki kepedulian yang kuat pada lingkungan,” katanya.

Gus Is mengatakan bakat dan minat mahasiswa UIN Maliki dikembangkan melalui penguatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan juga SEMA, DEMA serta HMJ/HMPS yang secara rutin memberikan layanan pengembangan kapacitas mahasiswa. (Azhar/RB)