Internasional

IAIN Ar-Raniry Akan Gelar Konferensi Internasional

Banda Aceh, 18/7(Pinmas) - Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry direncanakan akan menggelar konferensi internasional tentang syariat Islam dan tantangan global selama dua hari, 19-21 Juli di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Konferensi ini yang bertajuk Menggegas Format Penerapan Hukum Islam yang Aktual dan Dinamis di Indonesia, Khususnya di Aceh, akan dihadiri sejumlah pakar Syariah internasional.

Di antaranya, Prof Dr M Muhammad Abduh Imam (Al-Azhar University), Prof Dr Abdullah Ahmed an-Na’im (Amerika), Prof R Phillip Buckley PhD (Mc Gill University Canada), dan Dr Ibrahim Naiyasada (Nigeria), serta dari Aceh. Dekan Fakultas IAIN Ar-Raniry, Drs A Hamid Sarong SH MH, Senin (16/7) mengatakan metodologi yang tepat dalam menggali hukum Islam dari sumber utamanya menjadi pokok perhatian. Diharapkan, dapat menjadi hukum yang realistis untuk diterapkan dan dapat mencerminkan hasil inspirasi untuk mewujudkan kedamaian dan kemakmuran di bumi Serambi Mekkah ini. Hamid menambahkan tujuannya untuk menghasilkan sebuah rumusan yang dapat menjadi acuan dasar format penerapan syariat Islam, terutama di Aceh.

“Dengan konferensi ini diharapkan akan meningkatkan semangat pengkajian hukum Islam di kalangan masyarakat akademik secara lebih luas,” ujarnya. Hamid menyatakan jaringan ulama atau pakar keilmuan dan lembaga khusus dalam bidang ilmu syariah dan hukum Islam ini akan dapat melanjutkan berbagai kajian lebih jauh dan bertanggung jawab. “Ini yang menjadi target utama,” kata Hamid.(SO/ts)

Tags:

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua