IAIN dan Pemko Binjai Jajaki Kerjasama

Binjai, Sumut, 9/5 (Pinmas) - Rektor IAIN Sumatera Utara, Prof. Dr. H.M.Yasir Nasution dalam pertemuannya dengan Walikota Binjai, H.M.Ali Umri, SH, Mkn di Binjai Selasa, menyampaikan tawaran kerjasama kepada Pemko Binjai dalam bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Kerjasama yang diajukan tersebut meliputi pemberian beasiswa bagi mahasiswa IAIN Sumut asal kota Binjai, pengiriman calon mahasiswa dari Pemko Binjai untuk melanjutkan studi ke IAIN Sumut pada jenjang S1, S2 dan S3 serta penelitian dan seminar pengembangan Binjai sebagai kota pendidikan.Selain itu, di bidang keagamaan, kerjasama yang ditawarkan antara lain memberikan pelatihan mubaligh dan pendayagunaan dalam mengelola sumbangan masyarakat.

Sedangkan dalam bidang sosial kemasyarakatan, kerjasamanya berupa dialog interaktif tentang berbagai fenomena sosial kemasyarakatan di Binjai serta pemberdayaan lembaga-lembaga wakaf melalui manajemen pengumpulan dana (fundrising management).Sehubungan itu, Walikota Binjai, H.M. Ali Umri, SH, MKn, mengatakan pihaknya menyambut baik dan mendukung program yang akan dilaksanakan berkaitan dengan kerjasama itu.Namun, menurut dia, agar para calon mahasiswa asal Binjai yang akan melanjutkan kuliah di IAIN tidak terlalu terbebani khususnya untuk biaya transportasi, ia mengharapkan agar perkuliahan dapat dilaksanakan di Binjai dan pihaknya bersedia menyediakan tempat.

Selain itu ia juga mengharapkan agar perkuliahan yang akan dilaksanakan di Binjai nantinya difokuskan pada bidang dakwah dan Ilmu Faraid, karena berkaitan dengan kehidupan umat Islam.Meskipun saat ini sudah ada 108 mahasiswa asal Binjai yang kuliah di IAIN Sumut, namun kata Nasution menambahkan bahwa dengan adanya kerjasama ini diharapkan pemberdayaan sumber daya manusia asal Kota Binjai dapat lebih ditingkatkan sehingga tercipta sarjana muslim yang ahli, profesional, handal serta dapat diandalkan untuk pembangunan ke depannya. (Ant/Ba)