IAIN Salatiga Siap Menerima Mahasiswa Saudi

Salatiga (Kemenag) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga siap menerima mahasiswa asal Arab Saudi untuk kuliah di Indonesia. Hal ini disampaikan Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Salatiga, Saerozi, saat mewakili pimpinan kampus menerima Kepala Atase Bidang Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syaikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi.

Kedatangan Syaikh Akhmad dalam rangka menghadiri Seminar Kerja Sama IAIN Salatiga dengan Atase Agama Kedubes Kerajaan Arab Saudi. "Selamat datang di IAIN Salatiga yang memiliki lima fakultas yang tersebar di tiga kampus," katanya, Rabu (1/9/2021) pekan lalu.

Saerozi berharap kedatangan Atase Bidang Agama Kedutaan Besar Arab Saudi bisa memperbesar kesempatan IAIN Salatiga untuk menerima mahasiswa asing dari luar Asia Tenggara. "Dengan kedatangan tim yang dipimpin oleh Syaikh Ahmed, saya harap ke depan akan lebih banyak mahasiswa asal Arab Saudi yang belajar di IAIN Salatiga," ujarnya.

Syaikh Ahmed juga berkomitmen untuk memberi bantuan kepada mahasiswa IAIN Salatiga yang ingin melanjutkan pendidikan ke Arab Saudi. Dia mengaku senang dapat bertemu dengan sivitas akademik IAIN Salatiga.

"Saya senang sekali bisa bertemu saudara-saudara dari IAIN Salatiga. Dari tema hari ini terlihat sekali hubungan baik antara Indonesia dan Arab Saudi. Seperti yang diperintahkan oleh Allah dalam Alquran, saya berharap kita dapat saling mengenal dan menghormati," tuturnya.

Ahmed mengatakan bahwa Arab Saudi selalu siap dan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan. "Kami mendukung perguruan tinggi yang ada di dunia untuk terus mengembangkan keilmuan, terutama ilmu agama. Selain itu, Arab Saudi juga memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan pemikiran Islam wasathiyah yang anti-kekerasan dan anti-terorisme," ujarnya.

"Kami selalu menekankan pentingnya toleransi dan berusaha menjaga perdamaian dunia sehingga rahmat Islam bisa tersebar dengan luas," lanjutnya.

Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga yang juga Ketua Panitia Seminar, Juraidi, menerangkan bahwa Arab Saudi memiliki kedudukan strategis dalam perkembangan Islam. "Semoga dengan kedatangan rombongan dari Arab Saudi ini, kita dapat mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan silatulfikri/pengetahuan," tambahnya.

Menurut Juraidi,  IAIN Salatiga dapat belajar banyak dari peran nyata Arab Saudi dalam berkontribusi terhadap perkembangan dunia Islam. (Zidni)