IAKN Kupang Wisuda 194 Sarjana

Kupang (Kemenag) --- Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang hari ini mewisuda 194 doktor, magister, dan sarjana melalui rapat senat terbuka luar biasa. 

Prosesi wisuda berlangsung secara luring dan daring dari GMIT Nazaret Oesapa Timur, Kota Kupang. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Hadir dalam prosesi wisuda, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, perwakilan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, Plt Kakanwil Kemenag NTT Hasan. Para Dewan Penyantun, Forkopimda dan civitas akademika IAKN Kupang. 

Rektor IAKN Kupang Dr. Harun Y. Natonis dalam laporannya mengatakan, wisuda doktor, magister, dan sarjana IAKN Kupang merupakan kegiatan rutinitas pada setiap tahun akademik. Ia menambahkan acara wisuda ini juga merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan IAKN Kupang dalam penyelesaian pendidikan mahasiswanya.

Wisuda kali ini merupakan angkatan ke-III untuk Program Doktor Teologi, angkatan ke-VIII untuk Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Kristen, angkatan ke XIII Program Studi Pendidikan Agama Kristen, angkatan ke-XI Program Studi Musik Gerejawi, dan angkatan ke-Vl Program Studi Pastoral Konseling. Total ada 194 wisudawan. 

Dijelaskan Rektor, IAKN Kupang telah memasuki usia ke 2 setelah bertransformasi dari STAK ke STAKN pada tahun 2012, dan dari STAKN ke IAKN pada tahun 2020.

"Jika dihitung dari pendiriannya, maka usia IAKN Kupang sekarang ini 14 tahun. Kini lAKN telah memilik tiga fakultas, enam jurusan dan 14 program studi dari  jenjang S1 hingga S3. IAKN Kupang berupaya semaksimal mungkin menghasilkan lulusan berkualitas dan memiliki kompetensi di dalam bidang ilmunya," ujar Rektor di Kupang, Rabu (29/9/2021).

"IAKN Kupang memandang bahwa dunia pendidikan tidak hanya sebatas men transfer ilmu saja atau sekedar meraih standar kompetensi. Hal lain yang lebih utama, yaitu mengubah atau membentuk karakter dan watak peserta didik agar menjadi lebih baik dan lebih santun dalam tataran etika maupun estetika dikehidupan sehari-hari," tandas Rektor IAKN. 

Prosesi wisuda sarjana IAKN Kupang berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Para sarjana yang diwisuda wajib menjalani tes PCR sebelum memasuki lokasi wisuda GMIT Nazaret Oesapa Timur,