Indonesia Juara Umum Kejuaraan Wing Chun Dunia 2022, Menag: Selamat dan Terus Berprestasi!

Jakarta (Kemenag) --- Tim Nasional (Timnas) Wing Chun Indonesia unjuk prestasi pada kejuaraan Wing Chun dunia 2022. Kompetisi ini diselenggarakan oleh induk organisasi Wing Chun dunia, Ving Tsun Athletic Association (VTAA) pada 30 Oktober 2022 di Hong Kong. 

Kejuaraan dunia kali ini diselenggarakan VTAA secara online karena mempertimbangkan situasi COVID-19 di Hong Kong masih cukup tinggi. Ada 11 negara yang ikut ambil bagian, yaitu: Indonesia, Singapore, Malaysia, Myanmar, Jepang, Macao, Taiwan, Hongkong, RRC, Inggris, Prancis, dan Spanyol.

"Kami kirimkan 22 atlet untuk sembilan jenis pertandingan yang dibuka pada kelas Junior, Female Adult, dan Male Adult, pada kategori Siu Lim Tao, Chum Kiu, dan Biu Gee," terang Menag Yaqut Cholil Qoumas yang juga Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia, di Jakarta, Selasa (1/11/2022). 

"Alhamdulillah, Timnas Wing Chun Indonesia berhasil menyabet Juara Umum dengan lima emas, enam perak, dan delapan perunggu. Selamat dan terus berprestasi!," sambungnya.

Prestasi ini sangat membanggakan, kata Menag, selain karena berhasil menjadi juara umum lagi, juga karena waktunya bersamaan Sumpah Pemuda.

Hal senada disampaikan Manager Timnas Wing Chun Indonesia Maulana Zaenal. Prestasi ini menjadi hadiah untuk Indonesia pada momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022. 

Atas nama Timnas Wing Chun Indonesia, Maulana Zaenal menyampaikan terima kasih atas dukungan para atlit, official, pengprov, instruktur dan stakeholder yang terlibat. “Saya dan atlit TIMNAS Wing Chun sangat berterima kasih terkhusus kepada pelatih utama Timnas Wing Chun, Sifu Martin Kusuma, atas bimbingan dan pelatihan disiplin ketat sehingga kita menjadi juara umum," ujarnya.

“Terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Yaqut Cholil Qoumas selaku Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia atas segala dukungan, motivasi, dan keseriusan beliau dalam memajukan prestasi Wing Chun Indonesia di tingkat dunia,” sebutnya.

Berikut ini adalah daftar atlet juara dunia dan asal daerah:

Siu Lim Tao
Junior
Juara 2 = Christoffer Austin Neilthong (Kalimantan Barat)
Juara 3 = Jason Nicholas Winata (DIY)
 
Female Adult
Juara 2 = Deviyana Leman (DKI Jakarta)
Juara 3 = Rizky Fitria al Fahmi (DKI Jakarta)

Male Adult
Juara 2 = Lie Revano (Sulawesi Utara)

Chum Kiu
Junior
Juara 1 = Christoffer Austin Neilthong (Kalimantan Barat)
Juara 2 = Trinty Eleanor Kawiran (Nusa Tengara Timur)
Juara 3 = Verrell Georgene Hermawan (Banten)

Female Adult
Juara 1 = Deviyana Leman (DKI Jakarta)
Juara 2 = Clarissa Christy Kusnadi (Banten)
Juara 3 = Pinka Zuhdiana Hapsari (DIY)

Male Adult
Juara 1 = Lie Revano (Sulawesi Utara)
Juara 2 = Danin Christianto (DIY)
Juara 3 = Rizki Adiyono (DKI Jakarta)

Biu Gee
Junior
Juara 1 = Odilia Calista Ruby Wuriandono (DIY)
Juara 3 = Trinity Eleanor Kawiran (Nusa Tenggara Timur)

Female Adult
Juara 1 = Rizky Fitria al Fahmi (DKI Jakarta)
Juara 3 = Clarissa Christy Kusnadi (Banten)

Male Adult
Juara 3 = The Denny (DKI Jakarta)