Nasional

Ini Tujuh Finalis Lomba Video Pendek Animasi Islami 2021

Finalis

Finalis

Bogor (Kemenag) --- Kementerian Agama mengumumkan tujuh finalis Kompetisi Film Pendek Animasi Islami Tingkat Nasional 2021. Pengumuman ini disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Syamsul Bahri di Bogor, Sabtu (14/8/2021).

Syamsul menjelaskan, tujuh finalis yang diumumkan merupakan penerima nilai terbaik dari 102 peserta yang berasal dari 34 provinsi. Nomor urut tujuh nama finalis yang dibacakan, menurut Syamsul, tidak menunjukkan urutan juara. “Selanjutnya kami akan mengumumkan urutan juara pada 19 Agustus mendatang. Rencananya, penghargaan akan diberikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,” ungkap Syamsul usai menyampaikan nama-nama finalis.

Syamsul menyampaikan, kegiatan Kompetisi Filim Pendek Animasi Islam 2021 telah diadakan berjenjang mulai tingkat provinsi, dan saat ini telah selesai dilakukan penilaian tingkat nasional. “Terima kasih kepada 34 Kanwil Kementerian Agama Provinsi yang telah membantu dan berperan aktif untuk menyukseskan program ini,” ujar Syamsul.

Ia mengungkapkan, kegiatan yang menyasar generasi milenial ini merupakan salah satu strategi Kemenag dalam rangka mengenalkan program prioritas Moderasi Beragama. "Zaman milenial membuat kita harus melakukan inovasi dalam strategi dakwah. Sebelumnya dakwah dari mimbar ke mimbar berupa retorika. Kita perlu meningkatkan strategi dakwah melalui film animasi dan ini harus terus kita optimalkan," tutur Syamsul.

"Kompetisi Film Pendek Animasi Islami ini juga diharapkan dapat menyosialisasikan moderasi beragama pada generasi muda. Karenanya, tema kompetisi film ini berupa tiga hal terkait milenial, yaitu Milenial Sadar Halal, Milenial Sadar Gaul, dan Milenial sadar Ibadah," tambahnya.

Penilaian Kompetisi Film Pendek Animasi Islam Tingkat Nasional ini melibatkan 10 dewan juri. Terdiri dari Staf Khusus Menteri Agama Bidang Informasi dan Teknologi, Komisioner KPI, Praktisi Teknologi dan Informasi, Budayawan, Akademisi, Produser Program Islam Itu Indah, Produser Eksekutif JakTV, Badan Sensor Film Indonesia, dan Penyiar Agama Islam.

"Kegiatan ini akan berlanjut dan terus dikembangkan. Semoga Allah berikan keberkahan dan semangat untuk terus menampilkan Islam yang rahmatan lil 'alamin, Islam yang wasathiyah," kata Syamsul.

Adapun tujuh nama finalis, sebagai berikut:
1. Adi Setiawan (Sumatera Selatan) dengan judul film Cahaya Duha,
2. Afifeka Hari Kuncahyo (Jawa Timur) dengan judul film Suri Tauladan,
3. Aga Arsari (Provinsi Lampung) dengan judul film The Difference,
4. Apriyal Fakih (Kalimantan Timur) dengan judul film Flashback,
5. Eko Riswandi (Sumatera Selatan) dengan judul film Sholat Itu Wajib,
6. Faizal Rizqi (Jawa Barat) dengan judul film Haqubot,
7. Mohamad Ali (Jawa Timur) dengan judul film Taubatan Nasuha.

(Pirman)


Editor: Indah

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua