Nasional

Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah UINSA Masuk Pelayanan Publik Terbaik 2022

Rektor UINSA Akh Muzakki terima penghargaan dari KemenpanRB

Rektor UINSA Akh Muzakki terima penghargaan dari KemenpanRB

Jakarta (Kemenag) --- Layanan publik yang dikembangkan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima penghargaan TOP 45 Pelayanan Publik Inovasi Terbaik tahun 2022 dari Kementerian Pemberadayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Inovasi tersebut adalah IDe AsSALAM (Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah) yang dikelola Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya.

Penghargaan diserahkan oleh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas hari ini, Selasa (6/12/2022), di Jakarta. Dalam sambutannya, Menpan-RB mengingatkan lima prioritas kerja tahun 2019-2024, yakni: pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Terkait Reformasi Birokrasi, Menpan-RB sampaikan tiga hal yang menjadi arahan Presiden Jokowi. Pertama, birokrasi yang berdampak, dirasakan langsung masyarakat. Kedua, reformasi Birokrasi bukan tumpukan kertas. Ketiga, birokrasi yang lincah dan cepat.

Baca juga: Menag Raih Anugerah Pembina Pelayanan Publik Terbaik

“Kami ingin mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan Layanan Publik di Indonesia. Tahun ini, RB dilaksanakan secara tematik, yakni RB Pengentasan Kemiskinan, RB Peningkatan Investasi, dan RB Digitalisasi Administrasi Pemerintah. Semangat kami, membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi dan meningkatkan kepuasan publik,” tegas Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas.

Hadir dalam pemberian penghargaan tersebut, Rektor UINSA, Akh. Muzakki, mengatakan bahwa penghargaan atas karya inovasi pelayanan publik melalui Ide AsSALAM adalah pintu masuk ke pencapaian prestasi berikutnya melalui ragam inovasi yang dikembangkan di UINSA. "Tiada hari tanpa inovasi. Tiada hari tanpa prestasi. UINSA, kampus Inovasi. UINSA, kampus prestasi,” tegas Prof. Muzakki.

Untuk masuk Top 45, lanjut Muzakki, Ide AsSALAM harus melalui sejumlah tahapan yang tidak mudah dalam ajang KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) yang diselengarakan Kemenpan-RB.

IDE ASSALAM adalah salah satu inovasi yang diusung Laboratorium FEBI UINSA di bawah bimbingan Dr. Fatmah, ST, MM. Layanan publik ini memberikan wadah untuk mahasiswa UINSA dan warga masyarakat, terutama ibu-ibu di daerah nelayan, serta di kampung Binaan UINSA, untuk mengenal saham dengan bermodalkan sampah.

Dengan mengumpulkan sampah, mereka mampu membeli saham di Indofood serta perusahaan-perusahaan lainnya. Atas capaian tersebut, Ide ASSALAM juga telah memecahkan Rekor MURI Indonesia.

“Semoga ini menginspirasi civitas akademika UINSA yang lainnya untuk berpacu dalam mengembangkan inovasi layanan publik di wilayah kewenangannya masing-masing,” harap Prof. Muzakki.

Hadir mewakili Kementerian Agama, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), Akhmad Lutfi, mengapresiasi prestasi UINSA Surabaya. “Ini penghargaan pertama kali yang diterima KL Kemenag. UINSA telah ikut mengangkat nama Kemenag RI. Dan UINSA adalah satu satunya perguruan tinggi yang telah lolos mewakili Kemenag dalam ajang KIPP 2022,” ujar Kabiro Ortala Kemenag RI.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua