Nasional

Insersi Nilai Moderasi Sejak Dini, Kemenag Gelar Gebyar PAI TK

Gebyar PAI TK

Gebyar PAI TK

Kota Tangerang (Kemenag) ---Direktorat Pendidikan Agama Islam, Ditjen Pendidikan Islam menggelar Gebyar Pendidikan Agama Islam (Gebyar PAI) Taman Kanak-Kanak (TK) Tahun 2022. Ajang ini tengah memasuki babak semifinal dan diikuti 10 peserta terpilih.

Gebyar PAI ini diikuti guru dan siswa TK dari berbagai provinsi. Babak semifinal merupakan kelanjutan dari proses seleksi berkas yang berlangsung 8 hingga 10 Oktober 2022.

Ada empat macam lomba yang dikompetisikan, yakni: Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK, Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama (Versi Anak), Lomba Da'i Cilik, dan Lomba Hafalan Surat Pendek.

Usung tema "Siswa Cermat, Guru Hebat, Potensi Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Merespon Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0" kompetisi ini dilakukan berbasis daring dengan format blended learning.

Ketua Panitia Pelaksana Lelis Tsuroya Herniatin mengatakan bahwa Gebyar PAI TK Tahun 2022 bertujuan mengetahui sejauh mana kompetensi guru maupun peserta didik TK dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI.

"Melalui ajang kompetisi Gebyar PAI TK ini, kami ingin melihat sejauh mana insersi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI pada TK. Mengingat jenjang TK ini berada pada tahap pra sekolah dasar," ujar Lelis (Sabtu, 15/10/2022).

Lelis yang juga Kasubdit PAI pada PAUD/TK Direktorat Pendidikan Agama Islam menambahkan bahwa insersi nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa PAUD/TK memerlukan pendekatan yang ramah anak sesuai dengan kondisi psikologis tumbuh kembang mereka.

"Usia PAUD/TK ini kan termasuk usia emas, usia dimana anak tumbuh dan berkembang dengan pesat. Fase ini bisa dioptimalkan untuk penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui pendekatan yang menyenangkan bagi anak," imbuhnya.

Koordinator teknis penyelenggaraan Gebyar PAI TK Tahun 2022 Masitah, yang juga PTP pada Subdit PAI pada PAUD/TK menyatakan bahwa semifinal yang dilakukan secara daring merupakan strategi untuk membudayakan semangat pembelajaran abad 21.

"Pelaksanaan babak semifinal 10 besar yang dilakukan secara daring ini tidak lepas dari spirit pembelajaran abad 21. Kami berharap baik guru maupun siswa TK sedari dini akrab dengan model pembelajaran semacam ini," ungkap Masitah.

Pelaksanaan Babak 10 besar Gebyar PAI TK Tahun 2022 dipusatkan di Hotel Mercure Tangerang Centre, 14 - 17 Oktober 2022. Tim dewan juri yang terlibat adalah mereka yang berkompeten di bidangnya terdiri dari unsur pakar pendidikan anak usia dini, praktisi pendidikan PAUD/TK, pengasuh pondok pesantren, dan penceramah.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua