Itjen Usulkan 15 Satker Peroleh Predikat WBK/WBBM Tahun 2022

Jakarta (Kemenag)--Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI selaku Tim Penilai Internal (TPI) mengusulkan 15 Satuan Kerja (Satker) Kemenag untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan melakukan Submit Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) Tahun 2022.

“Pada tahun ini, tim penilai internal melakukan penilaian terhadap 84 satuan kerja (satker) yang diusulkan Unit Eselon I Kementerian Agama, sesuai kuota yang diberikan oleh Kemenpan RB telah terseleksi 15 satker dengan rincian 11 satker diusulkan untuk memperoleh predikat WBK dan 4 satker diusulkan untuk memperoleh predikat WBBM," kata Plh Irjen Kemenag, Kusoy usai melakukan submit PMPZI di ruang Rapat Inspektorat Wilayah II pada Kamis (30/6/2022) 

“Kami akan terus melakukan pengawalan dan pendampingan kepada seluruh satker yang diajukan kepada Tim Penilai Nasional Zona Integritas”, sambungnya. 

Dijelaskan Kusoy sebanyak 15 satker yang dinilai dan disepakati diusulkan menjadi satuan kerja WBK/WBBM, dengan pertimbangan diantaranya berdasarkan ranking penilaian, keunggulan layanan serta untuk memenuhi kuota yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Instansi Pemerintah. 

Satuan Kerja yang diusulkan untuk memperoleh predikat menuju WBBM yakni Balai Diklat Keagamaan Semarang,  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. 

Selanjutnya, satker yang diusulkan  untuk mendapatkan predikat menuju WBK yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Kanwil Kementerian Agama Provinsi D.I.Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli, Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus, Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, dan Madrasah Aliyah Negeri Karangasem. (Desi Hariati)