Haji 2022

Jelang Kepulangan Gelombang Kedua, Stafsus: Petugas Harus Tetap Fokus dan Semangat!

Jeddah (Kemenag) --- Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama dari Jeddah sudah berlangsung sebelas hari. Lebih 30 ribu jemaah sudah tiba di Tanah Air.

Fase pemulangan jemaah gelombang pertama akan berakhir pada 30 Juli 2022. Bersamaan itu, akan dimulai fase pemulangan jemaah gelombang kedua dari Madinah.

Makkah dan Madinah semakin lengang, seiring pulangnya jemaah haji Indonesia. Namun, para petugas tetap diminta semangat dalam melayani jemaah yang masih ada.

Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo menyampaikan apresiasi sangat tinggi atas dedikasi para petugas dalam melayani jemaah. 

"Melayani jemaah memang sebuah kemuliaan. Dan semoga para petugas mendapatkan semua itu. Aamiin. Saya juga meminta patugas harus tetap semangat dan fokus sampai pendorongan terakhir," kata Wibowo di Bandara Internasional Jeddah, Selasa (26/7/2022). 

Wibowo mengatakan, Daker Makkah masih akan memberangkatkan jemaah dari Makkah ke Madinah hingga 4 Agustus mendatang. Jemaah perlu mendapat edukasi dan informasi terkait Madinah, baik tentang suhu maupun sejumlah larangan yang ada di sana.

"Madinah lebih panas dari Makkah. Jemaah perlu diedukasi agar memperbanyak minum dan istirahat. Tetap pakai masker dan patuhi protokol kesehatan," pesannya.

"Petugas harus jadi teladan, terutama terkait kepatuhan akan larangan merokok di sekitar nabawi dan hotel," sambungnya.

Petugas haji Daker Makkah dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada 6 Agustus 2022. Sementara untuk petugas Daker Bandara dan Madinah, baru akan pulang pada 15 Agustus 2022. Sebab, pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah ke Tanah Air akan berlangsung mulai 30 Juli hingga 13 Agustus 2022.