Jelang Serah Terima, Menag Tinjau Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Surakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau progres akhir pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Provinsi Jawa Tengah. 

Menurut rencana serah terima masjid hadiah dari Presiden Uni Emirates Arab Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan kepada Indonesia ini akan dilakukan pada pertengahan Desember 2022.

Menag dan rombongan tiba di masjid yang menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) itu pada pukul 07.50 WIB. Menag meninjau bangunan utama di lantai I dan II kemudian melihat kantor, perpustakaan, toilet, dan tempat wudhu di lantai bawah. 

Ikut mendampingi, Project Manager Waskita Adriansyah, Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad, Stafsus Wibowo Prasetyo dan Abdul Rochman, serta Kepala Kankemenag Surakarta. 

"Progres secara umum sudah 97 persen. Mudah-mudahan pertengahan Desember atau paling lambat akhir Desember sudah bisa dilakukan serah terima. Dan pastinya  kami harus menunggu dari pihak UEA apakah masih ada lagi penyesuaian yang mereka inginkan," kata Adriansyah saat mendampingi Menag Yaqut, Kamis (24/11/2022). 

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi, UEA, sehingga desainnya dirancang mirip dengan aslinya.

Masjid dengan 4 menara menjulang, 1 kubah utama yang dikelilingi kubah-kubah kecil, dan ornamen bangunan Timur Tengah ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Pangeran Zayed pada 14 November 2022.