Nasional

Jemaah Haji Kloter 8 Embarkasi Jakarta Pondok Gede Nikmati Fast Track

Jemaah haji Indonesia kembali mendapatkan layanan Fast Track (jalur cepat)

Jemaah haji Indonesia kembali mendapatkan layanan Fast Track (jalur cepat)

Tangerang (Kemenag) --- Sebanyak 393 jemaah yang berasal dari Kelompok Terbang (Kloter) 8 asal Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) mulai menikmati layanan Fast Track (Jalur Cepat) di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Layanan fast track disediakan Pemerintah Arab Saudi di Bandara Soetta. Layanan ini diberikan kepada jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Asrama Haji Jakarta - Pondok Gede (JKG) dan Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS).

"Fast track (jalur cepat) imigrasi akan dilaksanakan di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Jakarta-Bekasi," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab saat meninjau layanan Fast Track di Bandara Soetta. Rabu (8/6/2022).

"Layanan jalur cepat keimigrasian ini terakhir kali dinikmati oleh jemaah haji Indonesia pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M," sambungnya.

Menurut Mujab, layanan Fast Track akan memudahkan jemaah haji dalam proses pengecekan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor. Sebab, prosesnya sudah dilaksanakan di bandara asal.

“Pemerintah Arab Saudi kembali memberikan layanan fast track kepada jemaah haji Indonesia dan untuk tahun ini yang akan mendapat layanan Fast Track sebanyak 29.126 orang (31%) yang diangkut oleh PT. Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines dari Embarkasi Haji Jakarta,” terang Saiful.

"Fast Track merupakan program kerja sama antara Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia," lanjutnya.

Arab Saudi berharap layanan ini dapat mempercepat proses kedatangan jemaah haji asal Indonesia di bandara tujuan. Layanan ini berkaitan dengan proses free clearance dokumen-dokumen keimigrasian non bea cukai.

Tahapan imigrasi yang sudah dilakukan di Indonesia membuat jemaah tidak perlu antre lagi di imigrasi bandara tujuan. Fast Track hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam, dibandingkan layanan biasa yang membutuhkan waktu sekitar satu sampai tiga jam.

"Layanan ini diberikan kepada jemaah haji dari 73 kloter, yaitu 29 kloter Embarkasi Jakarta –Pondok Gede (JKG) dan 44 kloter Jakarta – Bekasi (JKS)," tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Husni Anggoro

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua